Kompas.com - 27/08/2018, 08:37 WIB
Pelaku UMKM memamerkan produknya di Pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAPelaku UMKM memamerkan produknya di Pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan Asian Games membawa berkah bagi Smesco Indonesia. Tak heran, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP - KUKM) berusaha mengiring para peserta Asian Games ke Smesco.

Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi, mengaku senang dengan respons positif dari atlet, ofisial, ataupun suporter terhadap produk-produk yang dipajang di Smesco Indonesia. Sudah banyak produk-produk UKM yang dibeli oleh delegasi dari berbagai negara.

"Adanya Asian Games mampu mendongkrak omzet dan penjualan dari produk UKM di Smesco Indonesia. Selama lima hari pelaksanaan Asian Games omzet tercatat naik tajam hingga lebih dari 110,8 persen atau 2-3 kali lipat," kata Emilia dalam keterangan persnya, Minggu (26/8/2018).

Diharapkan, banyaknya delegasi atlet atau ofisial peserta Asian Games yang berbelanja di Smesco Indonesia dapat menjadi sarana promosi produk UKM ke berbagai negara.

Baca juga: Atlet Peraih Medali Asian Games 2018 Bisa Diangkat jadi PNS

Meskipun senang, Emilia mengaku perlu ada upaya bersama meramaikan Smesco. Dia mengaku kepedulian Dinas Koperasi dan UKM dari berbagai daerah dianggap belum optimal.

Hal itu ditunjukkan dengan kurang cepatnya respon mereka untuk mempercepat sirkulasi produk-produk UKM yang habis atau hampir habis. Hal ini membuat promosi produk unggalan dari daerah-daerah yang paling banyak diminati oleh buyer menjadi terkendala.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dinas koperasi kurang sadar, padahal ini (Smesco Indonesia) sangat membantu produk unggulan UKM dari daerahnya, tapi mereka kurang serius dan ogah-ogahan. Seolah-olah ini sebagai kerja tambahan bagi mereka, terutama dari Daerah Sulawesi Utara," ucap dia.

Disisa waktu Asian Games yang tinggal beberapa hari lagi, Emilia berharap peran dan komitmen pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan UKMnya dapat lebih ditingkatkan. Produk UKM yang mereka titipkan di Smesco Indonesia ini menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha di daerah untuk mengembangkan produknya ke pasar ekspor. (Maizal Walfajri)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Asian Games, omzet Smesco Indonesia melonjak signifikan


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.