5 Jurus Mengatur Keuangan bagi Pasangan Muda agar Merdeka Finansial

Kompas.com - 27/08/2018, 10:36 WIB
Ilustrasi pasangan haveseenIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Bagi pasangan muda yang baru menikah, cara mengatur keuangan rumah tangga kadangkala menjadi tantangan tersendiri.

Menikah di kala usia masih belum sepenuhnya matang dan kondisi finansial juga masih belum stabil, merupakan tantangan sekaligus peluang bagi setiap pasangan muda.

Banyak pasangan muda yang akhirnya memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan pasangannya karena masalah keuangan, namun banyak pula yang akhirnya bisa mengatasi bahtera rumah tangga di tahun-tahun pertama.

Anda perlu menyadari, kekeliruan mengelola keuangan di awal-awal pernikahan bisa melahirkan masalah finansial yang serius di masa depan. Misalnya, di awal menikah, mungkin Anda dan pasangan belum memiliki rumah sendiri. Namun dengan kesepakatan pengelolaan keuangan yang tepat, Anda dan pasangan setuju untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung dana uang muka pembelian rumah.

Baca juga: Kiat Mendapatkan Kredit Mobil Baru dengan Cicilan Ringan

Sebaliknya, bila tanpa kesepakatan pengelolaan keuangan yang tepat, bisa-bisa keinginan Anda memiliki rumah sendiri sulit terealisasi. Begitu juga pengelolaan arus kas keuangan rumah tangga sehari-hari.

Simak 5 jurus mengatur finansial bersama pasangan di sini agar Anda merdeka finansial, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id

1.  Susun rencana anggaran dan belanja

Ketika masih berstatus lajang, Anda mungkin hanya perlu mengatur penghasilan agar memadai untuk menutup kebutuhan diri sendiri. Namun, saat sudah menikah, tentu Anda juga perlu memikirkan kebutuhan keuangan rumah tangga dan kebutuhan pasangan.

Biasakan untuk menyusun anggaran rutin bulanan untuk keuangan rumah tangga. Inilah cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga yang paling mendasar.

Caranya mudah. Mulailah dari mendaftar rencana belanja bulanan, kebutuhan bulanan rutin seperti listrik, air, internet, dan lain-lain. Jangan lupa pula mendaftar apa saja cicilan utang yang harus dibayar setiap bulan. Tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan bermotor dan lain sebagainya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X