Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkasa Pura II Akan Kelola Bandara Fatmawati dan Radin Inten

Kompas.com - 27/08/2018, 15:08 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan bersama PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani kesepakatan bersama terkait rencana pengalihan pengelolaan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan Bandara Radin Inten II Lampung.

Kedua bandara tersebut saat ini masih dikelola Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan. Rencananya, kedua bandara tersebut akan dikelola AP II dengan skema kerja sama pemanfaatan (KSP).

"Kita harapkan bandara Lampung dan Bengkulu setelah dialihkelokan kepada AP II akan lebih bagus," ujar Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Praminto di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Praminto menambahkan, prospek kedua bandara tersebut sangat bagus. Bandara Fatmawati sendiri memiliki lalu lintas 1 juta penumpang per tahun, sedangkan Bandara Radin Inten II hampir dua juta per tahunnya.

"Kita harapkan performance kedua bandara akan semakin bagus. Dari sisi investasi akan dilakukan oleh AP II, dari sisi SDM juga terjadi peningkatan yang signifikan, dari sisi pelayanan juga, wajahnya akan jadi lebih baik. Kita harapkan juga dalam 3 tahun ke depan ada satu penambahan rute penerbangan," ucap dia.

Praminto menuturkan, proses alih kelola kedua bandara tersebut diharapkan dapat rampung di awal 2019. Sehingga, AP II bisa langsung melakukan peningkatan di kedua bandara tersebut.

"Proses sudah kita siapkan, nanti ada dua proses yang akan dilakukan. Kita harapkan di akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019 sudah full running," kata Praminto.

Sementara itu, Direktur Utama PT AP II, Muhammad Awaluddin menambahkan, pihaknya siap mengelola kedua bandara tersebut. AP II, kata Awaluddin, siap meningkatkan fasilitas di kedua bandara itu.

"Misalnya untuk overlay runway, perluasan gedung terminal, peningkatan sarana dan pra sarana. (Di) Banyuwangi kita lakukan begitu," ujar Awaluddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com