Merayakan Sembilan Tahun Perjalanan Tokopedia

Kompas.com - 27/08/2018, 15:49 WIB
Infografis refleksi arti kemerdekaan ala Tokopedia. Dok TokopediaInfografis refleksi arti kemerdekaan ala Tokopedia.

KOMPAS.com – Bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73, Tokopedia merayakan juga hari jadi ke sembilan. Di hari itu, toko daring tersebut turut merefleksikan arti kemerdekaan pada perjalanan bisnis yang telah berjalan.

“(Dari semuanya), Tokopedia melihat lebih dekat bagaimana (kami) telah membantu masyarakat Indonesia,” ujar Head of Corporate Communications Tokopedia Priscilla Anais dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (27/8/2018).

Priscilla juga memaparkan kembali bagaimana platform marketplace Tokopedia mampu menciptakan peluang bisnis untuk para perintis usaha.

“Bersama kami, perintis usaha tak perlu lagi memiliki modal usaha yang besaruntuk membayar uang sewa. Di sini siapapun bisa punya toko tanpa harus ada (toko) fisik. Setidaknya saat ini ada 89 persen seller yang tak memiliki toko fisik,” tambahnya.

Hal lain yang turut menjadi torehan keberhasilan Tokopedia adalah membantu para penjual untuk mendapatkan akses modal usaha lewat program bantuan pinjaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Berkat program ini, 51 persen seller di Tokopedia mengalami peningkatan penjualan,” katanya.

Ia juga melanjutkan selain hal itu, Tokopedia sudah mampu mempermudah hidup para pengguna melalui beragam produk digital yang terus berkembang. Seperti diketahui, saat ini pengguna dapat membayar kebutuhannya mulai dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), BPJS kesehatan, pembayaran listrik, hingga zakat. Total ada 27 produk digital.

“Saat ini, Tokopedia telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia. Pencapaian ini sangat signifikan dalam menuju misi Tokopedia untuk pemerataan ekonomi secara digital,” ujarnya lagi.

Fakta lain yang juga disebutkan olehnya adalah keberhasilan Tokopedia dalam mengembangkan sistem belanja agar pengguna dan penjual lebih mudah memakai fasilitas yang disediakan.

Saat ini, kata dia, pengalaman belanja menjadi lebih mudah dan singkat. Terlebih lagi ketika ada layanan kurir instan dengan pilihan 100 juta lebih produk yang bisa dibeli dengan harga bersaing.

Jarak pengiriman barang dari awal kehadiran Tokopedia adalah lebih dari 100 juta kilometer. Aktivitas ini menjadikan peluang mempekerjakan lebih dari 40.000 kurir setiap harinya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X