AP II Siapkan Rp 500 Miliar untuk Bandara Fatmawati dan Raden Inten

Kompas.com - 27/08/2018, 16:32 WIB
Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin bersama Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Praminto saat menandatangani kerja sama di Jakarta, Senin (27/8/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama AP II Muhammad Awaluddin bersama Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Praminto saat menandatangani kerja sama di Jakarta, Senin (27/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) siap mengelola Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan Bandara Raden Inten II Lampung. Kedua bandara tersebut saat ini masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menyediakan dana sekitar Rp 500 miliar untuk masing-masing bandara tersebut. Dana itu akan digunakan untuk pengembangan bandara.

"Contoh saja, alokasi kami untuk pengembangan bandara untuk tahap awal pasca pengalihan itu kisaranya Rp 300 sampai 500 miliar," ujar Awaluddin di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Awaluddin menambahkan, untuk semua bandara yang dikelola AP II pihaknya menyediakan dana senilai Rp 3,4 triliun.

"Misalnya untuk overlay runway, perluasan gedung terminal, peningkatan sarana dan pra sarana," kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, kedua bandara tersebut memiliki traffic penumpang diatas satu juta dalam satu tahun. Atas dasar itu, peningkatan sarana dan pra sarana bandara perlu dilakukan.

"Kalau kebutuhan untuk penambahan pergerakan penumpang dan pesawat, saya rasa sisi udara yang jadi prioritas. Jadi runway harus diperpanjang, fasilitas pendukung untuk peralatan navigasi, kemudian tambahan sarana dan pra sarana seperti proses overlay di runway, sarana pendukung lain, itu kita harus tambah. Nanti kelasnya harus meningkat. Gedung terminal juga akan kita tambah," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X