Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Siapkan Rp 500 Miliar untuk Bandara Fatmawati dan Raden Inten

Kompas.com - 27/08/2018, 16:32 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) siap mengelola Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan Bandara Raden Inten II Lampung. Kedua bandara tersebut saat ini masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya menyediakan dana sekitar Rp 500 miliar untuk masing-masing bandara tersebut. Dana itu akan digunakan untuk pengembangan bandara.

"Contoh saja, alokasi kami untuk pengembangan bandara untuk tahap awal pasca pengalihan itu kisaranya Rp 300 sampai 500 miliar," ujar Awaluddin di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Awaluddin menambahkan, untuk semua bandara yang dikelola AP II pihaknya menyediakan dana senilai Rp 3,4 triliun.

"Misalnya untuk overlay runway, perluasan gedung terminal, peningkatan sarana dan pra sarana," kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, kedua bandara tersebut memiliki traffic penumpang diatas satu juta dalam satu tahun. Atas dasar itu, peningkatan sarana dan pra sarana bandara perlu dilakukan.

"Kalau kebutuhan untuk penambahan pergerakan penumpang dan pesawat, saya rasa sisi udara yang jadi prioritas. Jadi runway harus diperpanjang, fasilitas pendukung untuk peralatan navigasi, kemudian tambahan sarana dan pra sarana seperti proses overlay di runway, sarana pendukung lain, itu kita harus tambah. Nanti kelasnya harus meningkat. Gedung terminal juga akan kita tambah," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com