BNI Himpun Dana Tambahan Rp 1,9 Triliun untuk Kredit Sindikasi Tol Pemalang-Batang

Kompas.com - 27/08/2018, 16:33 WIB
Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGFoto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menghimpun dana tambahan sebesar Rp 1,9 triliun secara sindikasi dari 14 bank konvensional serta bank syariah dalam pembiayaan proyek jalan Tol Pemalang-Batang.

Bank-bank tersebut bertindak sebagai Mandated Lead Arrangers dan Bookrunners (MLAB).

Dari total nilai proyek sebesar Rp 7,49 triliun, sekitar 70 persen atau Rp 5,21 triliun dibiayai secara sindikasi. Pada kesempatan sebelumnya, BNI juga terlibat pembiayaan yang sama dengan porsi sebesar Rp 1,5 triliun.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, proyek jalan Tol Pemalang-Batang secara keseluruhan dibiayai oleh 19 bank konvensional dan 6 bank atau anak perusahaan syariah.

“Fasilitas ini sebenarnya adalah upaya BNI untuk menggalang perbankan nasional tidak saja bank umum tetapi juga perbankan syariah dan bank-bank daerah yang potensi pembiayaannya untuk infrastruktur patut diperhitungkan," kata Kiryanto melalui keterangan tertulisnya, Senin (27/8/2018).

Kiryanto menuturkan, dengan berpartisipasi dan memimpin kredit sindikasi ini, BNI mendukung penuh program pemerintah yang salah satu memprioritaskan pembangunan infrastruktur. BNI pun berharap peran bank-bank syariah dan bank-bank daerah di dalam pembangunan infrastruktur semakin meningkat.

Sebagai informasi, BNI sebelumnya telah aktif terlibat dalam pembangunan Jalan Tol Trans Jawa, yaitu itu ruas Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Surabaya-Mojokerto.

BNI juga aktif membiayai proyek infrastruktur lainnya seperti pelabuhan laut, Jalan Tol Trans Sumatera, jaringan telekomunikasi, pembangkit listrik, dan jaringan transmisi jarak jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.