Kompas.com - 28/08/2018, 09:39 WIB
Penandatanganan Conditional Sales & Purchase Agreement antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk di Jakarta, Jumat, (29/6/2018). Dengan penandatanganan perjanjian tersebut maka PGN resmi mengakuisisi Pertagas. Dok. Humas PGNPenandatanganan Conditional Sales & Purchase Agreement antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk di Jakarta, Jumat, (29/6/2018). Dengan penandatanganan perjanjian tersebut maka PGN resmi mengakuisisi Pertagas.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berencana mencicil pembayaran pembelian 51 persen saham PT Pertamina Gas (Pertagas). Pembayaran tersebut bakal dilakukan melalui dua tahapan.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, pembayaran tahap pertama bakal dilaksanakan pada akhir September 2018. Untuk jumlah uang yang dibayarkan adalah 50 persen dari total nilai transaksi yang mencapai Rp 16,6 triliun.

"Untuk yang pertama akan kita lunasi 50 persen akhir September 2018. Sisanya akan diselesaikan pada semester I 2019," kata Jobi selepas menghadiri Investor Summit di Gedung BEI Jakarta, Senin (27/8/2018).

Jobi menyebutkan, pembayaran mayoritas saham Pertagas tahap pertama bakal menggunakan dana kas internal PGN. Sementara untuk tahap kedua bakal menggunakan pendanaan yang dicari oleh PGN.

Baca juga: Laba Bersih PGN Melonjak di Semester I 2018, Ini Alasannya

"Mana yang optimal bentuknya masih dalam tahap pembicaraan internal," ucap dia.

Di sisi lain, Jobi juga menyampaikan bahwa PGN mampu menambah jumlah kepemilikan saham Pertagas. Hal itu tercantum di dalam Perjanjian Jual Beli Saham atau Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) yang diteken pada Juni lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, Jobi mengaku bahwa perusahaan tengah mempertimbangkan untuk hal tersebut.

"Dalam CSPA itu kami boleh menaikkan kepemilikan saham hingga lebih dari 51 persen melalui akuisisi atau right issue. Namun, opsi pengambilannya seperti apa kami belum tahu karena sekarang kami masih fokus lunasi pembayaran dulu," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.