Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Bidik Perdagangan Bebas dengan ASEAN

Kompas.com - 28/08/2018, 15:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

OTTAWA, KOMPAS.com - Kanada ingin menjalin kerja sama perdagangan bebas dengan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perdagangan Kanada Jim Carr.

Pada hari ini, Selasa (28/8/2018) hingga Kamis (30/8/2018), Carr melakukan kunjungan ke Singapura dan Thailand untuk mempromosikan hubungan bilateral perdagangan dan investasi dengan Kanada. Carr pun ingin membicarakan perdagangan bebas tersebut dengan ASEAN.

"Berekspansi ke kawasan Asia Tenggara akan membantu perusahaan-perusahaan Kanada untuk mengakses pasar dengan pertumbuhan paling pesat di dunia," kata Carr seperti dikutip dari New Straits Times.

Kanada dan Uni Eropa menyepakati pakta perdagangan bebas pada September 2017 lalu. Ini dilakukan setelah Pakta Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) tampaknya mulai goyah dan AS memutuskan keluar dari Pakta Kerja Sama Trans Pasifik (TPP).

Apabila kerja sama dengan ASEAN, yang mencakup Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja disepakati, maka Kanada akan memperoleh akses terhadap pasar yang amat besar. Tercatat sekira ada 650 juta konsumen di kawasan tersebut.

Selain Asia Tenggara, Kanada juga membidik perdagangan bebas dengan Argentina, Brazil, Paraguay, dan Uruguay. Selain itu, pemerintah Kanada juga memberi sinyal bahwa kesepakatan perdagangan dengan China terus dirumuskan.

Apabila kesepakatan perdagangan dengan China sukses, maka Kanada akan menjadi negara Barat pertama yang mencapai kesepakatan perdagangan bebas dengan Negeri Tirai Bambu tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com