Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Komponen Otomotif Ini Gencar Akuisisi Perusahaan Asia Tenggara

Kompas.com - 28/08/2018, 19:12 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen komponen otomotif PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) tak main-main dalam memperluas jangkauan bisnis dengan mengakuisisi perusahaan di luar negeri.

Pada 2015 lalu, perusahaan tersebut mengakuisisi perusahaan distribusi di Malaysia. Kemudian pada Juni 2018, Selamat Sempurna kembali mengakuisisi 44 persen saham Sure Filter Co Ltd, perusahaan yang berbasis di Thailand.

Diketahui, SF Thailand merupakan distributor tunggal produk penyaring dan radiator.

"Kami akuisisi perusahan distribusi di Thailand dengan harapan lebih dekat dengan end user," ujar Direktur Selamat Sempurna Ang Andri Pribadi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Untuk akuisisi SF Thailand, Selamat Sempurna mengeluarkan kocek 55 juta baht Thailand. Andri mengatakan, perusahaannya bisa melakukan akuisisi secara vertikal, baik ke distributor maupun pemasok dengan jenis usaha yang sama.

Akuisisi juga dilakukan terhadap perusahaan di Indonesia. Untuk di luar negeri, perusahaan tersebut akan fokus akuisisi perusahaan di Asia Tenggara.

"Secara konsisten kita akan akuisisi yang fokus di Asia Tenggara, fokus di Singapura dan Vietnam," kata Andri.

Untuk kuartal III 2018, Selamat Sempurna belum berencana akuisisi perusahaan lagi. Namun, penjajakan tetap dilakukan. Andri mengatakan, akuisisi tidak bisa dilakukan secara terburu-buru.

"Kami lebih ke arah potensi yang baik," kata Andri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com