Produsen Komponen Otomotif Ini Gencar Akuisisi Perusahaan Asia Tenggara

Kompas.com - 28/08/2018, 19:12 WIB
Honda mulai produksi Mobilio di pabrik kedua, Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/1/2014). Aris FHHonda mulai produksi Mobilio di pabrik kedua, Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/1/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen komponen otomotif PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) tak main-main dalam memperluas jangkauan bisnis dengan mengakuisisi perusahaan di luar negeri.

Pada 2015 lalu, perusahaan tersebut mengakuisisi perusahaan distribusi di Malaysia. Kemudian pada Juni 2018, Selamat Sempurna kembali mengakuisisi 44 persen saham Sure Filter Co Ltd, perusahaan yang berbasis di Thailand.

Diketahui, SF Thailand merupakan distributor tunggal produk penyaring dan radiator.

"Kami akuisisi perusahan distribusi di Thailand dengan harapan lebih dekat dengan end user," ujar Direktur Selamat Sempurna Ang Andri Pribadi di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Untuk akuisisi SF Thailand, Selamat Sempurna mengeluarkan kocek 55 juta baht Thailand. Andri mengatakan, perusahaannya bisa melakukan akuisisi secara vertikal, baik ke distributor maupun pemasok dengan jenis usaha yang sama.

Akuisisi juga dilakukan terhadap perusahaan di Indonesia. Untuk di luar negeri, perusahaan tersebut akan fokus akuisisi perusahaan di Asia Tenggara.

"Secara konsisten kita akan akuisisi yang fokus di Asia Tenggara, fokus di Singapura dan Vietnam," kata Andri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk kuartal III 2018, Selamat Sempurna belum berencana akuisisi perusahaan lagi. Namun, penjajakan tetap dilakukan. Andri mengatakan, akuisisi tidak bisa dilakukan secara terburu-buru.

"Kami lebih ke arah potensi yang baik," kata Andri.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.