Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Amazon Bocorkan 4 Ciri-ciri Bisnis yang Akan Sukses

Kompas.com - 29/08/2018, 06:00 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO Amazon Jeff Bezos berani mengambil peluang bisnis dengan melihat sejumlah indikator keberhasilan. Bahkan, ketika dia hanya melihat itu berupa satu peluang kecil, berani mengambilnya.

Penilaiannya yang cerdik ini kemudian bisa memacu pertumbuhan bisnis Amazon, yang awalnya hanya toko buku online kecil menjadi perusahaan senilai hampir 1 triliun dollar AS saat ini.

Bagi Jeff Bezos, peluang yang baik memiliki empat karakteristik. Hal tersebut dia ungkapkan dalam surat tahunannya kepada para pemegang saham Amazon pada tahun 2014 yang dikutip dari Business Insider, Rabu (29/8/2018).

“Sebuah bisnis yang akan melambung tinggi atau sukses besar setidaknya memiliki empat karakteristik ini. Pelanggan menyukainya, dapat tumbuh sangat besar, memiliki pengembalian modal yang kuat, dan bertahan lama yakni dengan potensi untuk bertahan selama beberapa dekade ke depan,” tulis Jeff.

Dia menambahkan, ketika melihat satu saja karakteristik dari keempat hal itu, jangan ragu untuk mengambil peluang.

Pada saat itu, Jeff melihat potensi karakteristik itu pada tiga inisiatif program yang dimiliki Amazon yakni marketplace, Amazon Prime dan Amazon Web Services.

Sebagaimana dia jelaskan, ketiga program itu sudah dijalankan bertahun-tahun dari awal pembuatannya, tidak ada yang langsung sukses.

“Masing-masing dari program ini adalah taruhan pada awalnya, dan banyak orang yang khawatir dengan hal ini. Bahwa hal ini mungkin tidak dapat sukses,” tulis Jeff.

Marketplace misalnya, produk dari dua platform vendor kerja sama dengan pihak ketiga yang gagal yakni Amazon Auctions dan zShop.

Dalam kasus Amazon Prime, perusahaan bahkan kehilangan “jutaan dolar” dalam pendapatan pengiriman di tahun pertamanya sebelum menarik cukup banyak pelanggan untuk masuk dalam program ini.

Kemudian, Amazon Web Services yakni platform layanan cloud perusahaan, dimulai dari "ide radikal" yang saat itu hanya mengandalkan startup seperti Pinterest dan Dropbox sebagai kliennya sebelum banyak perusahaan besar berbondong-bondong tertarik.

Tahun bergulir, kini Marketplace Amazon menyumbang lebih dari setengah unit hasil penjualan Amazon, Prime memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, dan Amazon Web Services memberikan pendapatan lebih dari 5 miliar dollar AS kepada perusahaan.

“Pada titik ini, sudah sangat jelas betapa istimewanya mereka dan betapa beruntungnya kita memilikinya,” pungkas Jeff.

Jeff mengungkapkan, ketiga hal tersebut adalah penawaran bisnis yang indah, dia senang tidak menyerah begitu saja saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com