Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Bakal Geser China Jadi Sumber Permintaan Minyak Dunia

Kompas.com - 29/08/2018, 16:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - India diprediksi bakal meggeser China menjadi negara sumber pertumbuhan permintaan minyak dunia. Hal ini berdasarkan prediksi yang dilakukan biro konsultan Wood Mackenzie.

Mengutip CNBC, Rabu (29/8/2018), permintaan minyak India diprediksi bakal naik menjadi 3,5 miliar barrel per hari (bph) dari tahun 2017 ke 2035. Ini akan mencakup sepertiga pertumbuhan permintaan minyak dunia.

Bertambahnya jumlah masyarakat kelas menengah India akan menjadi faktor utama. Selain itu, ada pula peningkatan permintaan terkait mobilitas.

Di sisi lain, China yang saat ini menjadi konsumen minyak terbesar kedua di dunia, diprediksi bakal mencatat penurunan permintaan minyak. Pada tahun 2017, China menggeser posisi AS sebagai importir minyak mentah terbesar di dunia.

"China diprediksi akan mengalami penurunan permintaan minyak oleh China pada periode 2024-2035," kata Direktur Riset Wood Mackenzie Sushant Gupta.

Kondisi ini terjadi karena dua hal. Pertama, sumber energi alternatif seperti listrik dan gas alam akan mengganti pemenuhan kebutuhan bensin dan diesel.

Kedua, permintaan diesel juga diprediksi akan menurun karena sistem truk dan kendaraan yang lebih efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com