Tanri Abeng: Nicke Harus Menjabat Dirut Pertamina Selama 5 Tahun

Kompas.com - 30/08/2018, 05:25 WIB
Kementerian BUMN resmi tunjuk Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina yang baru, Rabu (29/8/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKOKementerian BUMN resmi tunjuk Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama Pertamina yang baru, Rabu (29/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN selaku wakil pemegang saham PT Pertamina telah resmi menunjuk Nicke Widyawati menjadi direktur utama BUMN migas tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng meminta agar Kementerian BUMN bisa memberikan kesempatan maksimal kepada Nicke untuk memimpin Pertamina.

"Saya di komisaris minta secara khusus di RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) agar diberi kesempatan direksi khususnya dirut untuk (menjabat) 5 tahun," kata dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Menurut Tanri Abeng, posisi Nicke sebagai direktur utama paling krusial mendapatkan waktu maksimal itu. Pasalnya, Nicke akan bertanggung jawab untuk merumuskan semua hal terkait kerja Pertamina mulai dari hulu, hilir, hingga pembangunan kilang.

"Pertamina sudah seperampat abad lho ketinggalan, SDM terabaikan. Maka saya tadi usualkan atas nama Dewan Komisaris supaya dirut definitif ini tidak diganti-ganti," jelas Tanri Abeng.

Di sisi lain, mantan Menteri BUMN itu pun meyakini bahwa Nicke mampu membawa Pertamina menjadi perusahaan milik negara lebih baik ke depannya.

"Menurut saya dia mampu dan saya rekomendasi, tetapi yang menentukan kan menteri. Jadi paling tidak dipertahankan sampai 5 tahun," tandas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.