Terkaya di Planet Bumi, Ini yang Dilakukan Bos Amazon untuk Habiskan Uangnya

Kompas.com - 30/08/2018, 06:45 WIB
Bos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin Blue OriginBos Amazon, Jeff Bezos di depan roket New Shepard buatan Blue Origin

KOMPAS.comJeff Bezos, pendiri dan CEO raksasa e-commerce Amazon, merupakan orang terkaya yang masih hidup dan orang pertama dalam sejarah modern yang bisa mengumpulkan kekayaan lebih dari 100 miliar dollar AS.

Dilansir Forbes, Jeff memiliki kekayaan bersih sekitar 156 miliar dollar AS. Sebagian besar pundi-pundi penghasilan tersebut berkat kepemilikannya di Amazon.

Dia mendirikan Amazon pada tanggal 5 Juli 1994 yang kelak menjadi sumber dari banyak kekayaannya. Orangtua Jeff terkejut saat dia memutuskan meninggalkan pekerjaan nyamannya di Wall Street untuk menjual buku secara daring.

Meski terkaget-kaget, orangtua Bezos justru berinvestasi sekitar seperempat juta dolar di perusahaannya waktu itu. Tak disangka, investasi ini bisa bernilai hingga 30 miliar dollar AS saat ini.

Tahun 1997 menjadi sejarah bagi Amazon melakukan penawaran umum perdana. Sejak hari itu, harga saham yang disesuaikan dengan split telah meningkat lebih dari 97.000 persen. Kenaikan saham Amazon meninggalkan pesaingnya-pesaingnya bagaikan debu.

Selama dua dekade terakhir, Amazon terus berkembang. E-commerce global ini menjual berbagai macam produk mulai dari elektronik hingga digital. Salah satu yang paling "gila" adalah Amazon Web Services, yakni layanan cloud perusahaan yang hingga Februari 2018 bernilai 17,5 miliar dollar AS.

Popularitas dan semakin berkembangnya Amazon adalah sumber utama kekayaan Jeff. Dirinya menjadi pemegang saham terbesar di Amazon yang memiliki 16 persen bagian dari raksasa e-commerce ini.

Kekayaan Jeff sangat besar. Menurut perhitungan yang dikutip dari Business Insider, dirinya menghabiskan 88.000 dollar AS dengan rata-rata pengeluaran satu orang yang hanya 1 dollar AS.

Dari real estate hingga perjalanan luar angkasa, dikutip dari Business Insider, inilah cara Bezos membelanjakan kekayaannya.

Lahan dan Properti

Jeff jadi salah satu pemilik tanah terbesar di negara Paman Sam. Dia dan keluarganya memiliki setidakya lima rumah di AS. Satu, sebuah lahan dengan dua rumah di atas 5,3 hektar luas lahan yang terletak di Medina, Washington, tidak jauh dari markas Amazon di Seattle.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X