BI: Pengembangan Pariwisata Salah Satu Langkah Stabilisasi Rupiah

Kompas.com - 30/08/2018, 10:48 WIB
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara. Kompas.com/YOGA SUKMANADeputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara.

MAGELANG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menilai, percepatan pengembangan pariwisata juga merupakan salah satu langkah stabilisasi nilai tukar rupiah yang hingga saat ini masih terdepresiasi terhadap dollar AS.

Saat ini, posisi rupiah berada pada Rp 14.600 per dollar AS, atau melemah sebesar 7,04 persen secara year to date (ytd).

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menjelaskan, pariwisata bisa menjadi salah satu cara stabilisasi nilai tukar selain dengan peningkatan ekspor. Sebab, untuk menstabilkan nilai tukar saat ini, pemerintah perlu untuk menambah devisa negara dalam waktu singkat.

"Yang terpenting kalau mau kurs stabil, harus menambah devisa. Kalau mau menambah devisa masuk, bisa dengan meningkatkan ekspor dan pariwisata," ujar Mirza di Desa Candirejo, Kabupaten Magelang, Rabu (29/8/2018).

Dia pun menekankan, posisi rupiah yang melemah terhadap dollar AS masih lebih baik jika dibandingkan dengan jilai tukar negara-negara lain.

Mirza menjelaskan, mata uang Swedia, krona melemah terhadap dollar AS sepanjang tahun 2018 ini sebesar 10 persen. Selain itu, dollar Australia pun juga terdepresiasi sebesar 7 persen terhadap dollar AS.

Sejauh Indonesia mengelola perekonomian dengan hati-hati, pelemahan rupiah tidak akan seekstrim Argentina atau Turki yang bahkan terdepresiasi hingga 40 persen (ytd).

"Kalau Turki dan Argentina karena kesalahan mengelola ekonomi pelemahannya 40 persen. Lelemahan kurs jangan terlalu dibesar-besarkan karena semua mengalami," ujar dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X