Ini Definisi Sukses ala Bill Gates, Warren Buffett dan Richard Branson

Kompas.com - 31/08/2018, 07:30 WIB
Bill Gates, pendiri Microsoft Business InsiderBill Gates, pendiri Microsoft

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates, Warren Buffett dan Richard Branson adalah tiga orang terkaya yang masih hidup saat ini. Mereka semua miliarder dengan pundi-pundi tak terhingga. Bill Gates memang menjadi triliuner pertama di dunia.

Namun, masing-masing dari mereka percaya bahwa kesuksesan tidak selalu berhubungan dengan uang. Sukses menurut ketiga pengusaha ini, berkaitan dengan betapa bahagianya seseorang ataupun orang-orang di sekitarnya.

Dalam sesi "Ask me Anything" di reddit pada bulan Februari 2017, Bill Gates ditanya "apa arti kesuksesan" dan dia menjawab dengan mengutip temannya: "Warren Buffett selalu mengatakan bahwa ukuran kesuksesannya adalah ketika orang-orang dekat Anda bahagia dan mencintai Anda."

Bagi Gates, komponen kesuksesan kedua adalah melakukan pekerjaan yang perlu. "Senang rasanya juga membuat perbedaa, menciptakan sesuatu atau membesarkan anak-anak atau membantu orang yang membutuhkan," katanya.

Gates mengatakan pekerjaannya di Microsoft dari revolusi perangkat lunak adalah "hal terbesar yang harus saya lakukan."

Sebagai anggota dan pendiri The Giving Pledge, dirinya berkomitmen untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaannya. Melalui The Bill and Melinda Gates Foundation, dia juga aktif terlibat sebagai filantropi.

Sementara itu, Richard Branson yang merupakan pendiri dari Virgin Group. Bos dari salah satu perusahaan paling sukses di dunia yang bermarkas di London ini mengukur kesuksesan dengan betapa bahagianya dia ketika hidup.

"Terlalu banyak orang mengukur seberapa sukses mereka dengan berapa banyak uang yang mereka hasilkan atau orang-orang berdasar relasi mereka. Menurut pendapat saya, kesuksesan sejati harus diukur dengan seberapa bahagianya Anda," tulisnya dalam posting LinkedIn tahun 2016.

Richard juga berpendapat bahwa jika mulai berfokus pada kebahagiaan, kekayaan akan selalu menemukan jalan untuk mengikuti orang tersebut.

"Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa uang adalah metrik setiap pengusaha untuk sukses. Tidak seharusnya seperti itu. Saya tidak pernah terjun ke bisnis untuk menghasilkan uang. Setiap produk dan layanan yang dibuat Virgin untuk membuat perbedaan positif dalam kehidupan manusia," kata Richard yang dikutip dari CNBC.

"Dan dengan berfokus pada kebahagiaan pelanggan kami, kami telah mampu membangun perusahaan yang sukses," imbuhnya.

Menurutnya, ada sebuah fakta sederhana yakni "jika Anda berbuat baik dan bisa bersenang-senang, uang akan datang."


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X