Bahan Bakar Biodiesel Aman untuk Mesin Kendaraan

Kompas.com - 31/08/2018, 11:17 WIB
Contoh Biodiesel 20 persen (B20) KOMPAS.com/SRI LESTARI Contoh Biodiesel 20 persen (B20)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal resmi menerapkan kebijakan penggunaan bahan bakar biodiesel atau B20 secara penuh per 1 September esok. Rencana itu memunculkan banyak pertanyaan terutama tentang dampaknya ke mesin kendaraan.

Satu hal yang memicu kekhawatiran pengguna atas penggunaan B20 di kendaraannya adalah kemungkinan penyumbatan pada saringan bahan bakar. Maklum, B20 merupakan bahan bakar dengan campuran 20 persen minyak kelapa sawit dan 80 persen Solar.

Penyumbatan itu dikhawatirkan menimbulkan kerusakan dan bahkan meningkatkan risiko kecelakaan.

"B20 bukan merupakan hal baru bagi masyarakat di Indonesia. Pemerintah sudah sejak 2016 menerapkan kebijakan B20 dan sudah didistribusikan oleh Pertamina, bahkan telah digunakan oleh kendaraan bersubsidi. Masyarakat luas mengenalnya bahan bakar B20 itu sebagai Biosolar," ujar Sekretaris Perusahaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Achmad Maulizal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/8/2018).

Bahkan, lanjut Maulizal, sejak jauh hari sebelum diterapkan, pemerintah terlebih dahulu telah melakukan uji coba dengan melibatkan ilmuwan dari universitas kenamaan Indonesia.

Hasilnya, B20 aman digunakan untuk mesin kendaraan termasuk bus yang kerap beroperasi di Indonesia.

Di sisi lain, soal gangguan mesin tersebut akan terjadi pada kendaraan yang tangki BBM-nya kotor. Oleh sebab itu, B20 justru akan menjadi pembersih tangki tersebut.

"B20 memiliki sifat pelarut dan pembersih kotoran, sehingga pada awal penggunaan, bahan bakar B20 akan 'membersihkan' kotoran yang melekat pada tangki. Kotoran itu kemudian tercampur dengan bahan bakar dan tertangkap oleh filter bahan bakar. Kejadian ini hanya muncul di masa awal penggunaan," jelas Maulizal.

Dia menambahkan, setelah penggantian filter maka tanki bahan bakar menjadi bersih. Pengguna kendaraan tidak perlu khawatir masalah teknis akan terus muncul.

"Sebaliknya, pemakaian B20 justru akan membantu mesin mendapatkan bahan bakar yang lebih bersih," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X