Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelemahan Rupiah Untungkan Petani Kakao

Kompas.com - 02/09/2018, 17:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Kakao Indonesia (AIKI) Pieter Jasman mengatakan, perlemahan rupiah yang terjadi saat ini tak terlalu berpengaruh pada industri kakao.

Hal ini dikarenakan transaksi pembelian maupun penjualan kakao umumnya dilakukan dalam dollar AS.

Meski begitu, Pieter mengungkap bahwa perlemahan rupiah ini justru akan menguntungkan petani, karena pendapatannya turut meningkat.

"Karena harga jual petani mengikuti harga terminal di New York, sehingga dengan kurs rupiah yang melemah maka harga yang diterima petani akan lebih besar," ujar Pieter kepada Kontan.co.id. Minggu (2/9/2018).

Merut Pieter, harga kakao dunia memang menunjukkan peningkatan dalam beberapa waktu terakhir. Harga kakao bahkan sempat menyentuh 2.364 dollar AS per ton.

"Harga kakao menguat, dengan adanya perlemahan rupiah, yang tadinya sekitar Rp 13.000 menjadi hampir Rp 15.000, sehingga otomatis harga yang diterima petani lebih tinggi," terang Pieter.

Pieter berharap, adanya peningkatan harga di tingkat petani ini mampu memacu semangat petani dalam meningkatkan produksi kakaonya. Apalagi, menurut Pieter, produksi kakao terus menunjukkan penurunan dalam 10 tahun terakhir. Penurunan produksi kakao ini mengakibatkan industri harus mengimpor bahan baku.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pelemahan rupiah ikut untungkan petani kakao

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com