Kompas.com - 02/09/2018, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (Aeki) mengatakan, adanya pelemahan nilai tukar rupiah tak lantas menguntungkan eksportir meski volume ekspor meningkat.

Ketua Kompartemen Industri Hilir Aeki Moelyono Soesilo mengatakan, hal ini disebabkan harga kopi di pasar global menunjukkan penurunan dalam beberapa waktu terakhir.

"Harga menurun dalam 2 -3 minggu terakhir. Harga kopi robusta sempat menyentuh 1.500 dollar AS per ton, padahal di awal Agustus harga masih sekitar 1.700 dollar AS per ton, dan di awal tahun masih sekitar 1.800 dollar AS per ton," ujar Moelyono kepada Kontan.co.id, Minggu (2/9/2018).

Menurunnya harga kopi ini, menurut Moelyono, justru akan memberatkan petani. Pasalnya, harga perlahan-lahan akan turut menurun.  

Menurutnya, harga kopi dalam negeri di tingkat eksportir tahun ini berkisar Rp 24.000 per kilogram, sementara tahun lalu harganya bisa mencapai Rp 28.000 per kilogram.

Moelyono memperkirakan, produksi kopi akan mencapai 660.000 - 690.000 ton hingga akhir tahun. Ekspor kopi pun akan mencapai 420.000 ton, di mana sebagian besar adalah ekspor kopi robusta.

 

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Aeki: Pelemahan rupiah tak untungkan eksportir kopi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.