Pertamina Akan Perluas Penerapan Pembayaran Nontunai di SPBU

Kompas.com - 03/09/2018, 07:39 WIB
PT Pertamina Persero dan PT Telekomunikasi Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama pengoperasian digitalisasi nozzle di SPBU Pertamina, Jumat (31/8/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAPT Pertamina Persero dan PT Telekomunikasi Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama pengoperasian digitalisasi nozzle di SPBU Pertamina, Jumat (31/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Persero akan memperbanyak SPBU yang bisa meberima pembayaran nontunai atau cashless. Sistem pembayaran ini telah dicoba diterapkan pada saat hari raya Idul Fitri pertengahan 2018 lalu di sekitar 50 SPBU.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Masud Khamid, pembayaran cashless akan paralel dengan perluasan digitalisasi nozzle di 5.000-an SPBU mereka.

"Kita akan ketemu teman-teman lagi kapan ini segera di-follow up secara massal cashless payment-nya," ujar Masud di Jakarta Jumat (31/8/2018).

Masud mengatakan, pembayaran cashles akan dilakukan secara bertahap. Sejauh ini, di beberapa SPBU, pembayaran bisa dilakukan menggunakan T-Cash, uang non tunai milik Telkomsel.

Baca juga: Dirut Pertamina: 60 Terminal BBM Siap Pasok B20 ke SPBU

Namun, pembayaran cashless tidak akan diterapkan di seluruh nozzle di SPBU. Misalnya, dari 10 nozzle di SPBU, hanya 5 di antaranya yang menggunaian transaksi non tunai.

"Jadi Telkomsel pastikan tahu pengguna T-Cash di mana, maka di SPBU itu kita sarankan dibuka T-Cash," kata Masud.

Menurut dia, proses perpindahan dari konvensional ke pembayaran tunai tak memerlukan waktu terlalu lama. Sebab, cara membayarnya tak perlu memasukkan kartu ke mesin EDC. Cukup dengan memindai QR code yang terpasang di nozzle dengan aplikasi di ponsel.

"Customer bisa buka handphone dia, buka My Pertamina, dibeli, dibayar lewat digital portal dan diarahkan ke nozzle," kata Masud.

Penerapan pembayaran cashless juga dapat mengurangi kecurangan petugas ataupun ketidakakuratan volume pengisian.

"Kalau nozzle-nya ditekan terus, kalau belinya Rp 1.000 ya keluarnya Rp 1.000. Belinya 1 liter, ya keluar 1 liter," kata Masud.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X