7 Cara Ini Bisa Diterapkan "Startup" untuk Mendapatkan Investor

Kompas.com - 03/09/2018, 08:09 WIB
Ilustrasi- Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Mencari investor untuk meluncurkan startup atau memperluas bisnis adalah salah satu yang penting.

Tidak peduli seberapa hebat produk atau ide bisnis Anda, seberapa efisien dapat beroperasi, dan seberapa besar perusahaan sudah tumbuh, modal dan pengaruh keuangan pasti akan menjadi kebutuhan.

Bahkan perusahaan-perusahaan yang punya pendanaan baik hingga miliaran dolar dan bernilai jutaan dolar pasti pernah terlibat dalam putaran penggalangan dana yang mungkin lebih banyak dari apa yang bisa dibayangkan.

Ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan perhatian para pemilik modal  supaya mau menyuntikkan dananya untuk meningkatkan bisnis Anda.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Langgeng Berbisnis dengan Teman

Berikut beberapa cara agar perusahaan Anda semakin dilirik para pencari modal yang disarankankan oleh Alejandro Cremades, seorang kontributor di Forbes, pengusaha dan penulis buku best seller "The Art of Startup Fundraising" yang dikutip Kompas.com, Senin (3/9/2018).

1. Gunakan Platform Penggalangan Dana Online

Beberapa tahun terakhir banyak platform penggalangan dana online lahir. Mereka menjadi sangat populer dengan investor individu yang merambah online dan terpercaya, bagaikan "malaikat", dan bahkan bank dan investor korporasi mencari cara-cara baru untuk mengucurkan modal mereka.

Hal ini biasanya investor jalankan dari situs peer-to-peer (P2P) lending yang menawarkan pinjaman bisnis kepada portal crowdfunding yang berbasis donasi, pinjaman, dan ekuitas.

2. Menghadiri Berbagai Acara

Sukses dalam bisnis dan pencarian dana adalah tentang visibilitas, mendapatkan perhatian oleh investor yang tepat, tentang siapa yang Anda kenal, dan siapa yang mengenal Anda. Menghadiri acara adalah cara yang bagus untuk sampai pada titik itu.

Cobalah untuk mencari tahu siapa yang menghadiri acara tersebut sebelum waktu dan jadwal mereka tidak bisa Anda manfaatkan dalam kesemapatan lain.

Ini bisa jadi kesempatakan emas untuk menghadirkan peluang Anda sendiri dan bertemu investor aktif yang ada di sana, terlibat dalam maraton pencarian dana, atau hanya bergabung sekedar untuk untuk menambah jaringan profesional.

Untuk maju dari persaingan dan mengambil rute yang lebih aktif, pertimbangkan untuk menghadiri acara di mana investor yang Anda incar akan hadir di sana.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X