Kompas.com - 03/09/2018, 19:14 WIB
Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan dan CEO Malaysia HealthCare Travel Council (MHTC) Sherene Azli saag penandatanganan perjanjian kerja sama di Kuala Lumpur, Sejin (3/9/2018). Kompas.com/Mutia FauziaDirektur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan dan CEO Malaysia HealthCare Travel Council (MHTC) Sherene Azli saag penandatanganan perjanjian kerja sama di Kuala Lumpur, Sejin (3/9/2018).

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - AirAsia Indonesia menggandeng Malaysia Healthcare Travel Council atau Konsil Perjalanan Layanan Kesehatan Malaysia (MHTC) untuk memberikan layanan perjalanan medis kepada wisatawan Indonesia.

Melalui kerja sama ini, kedua belah pihak akan memromosikan Penang sebagai destinasi wisata medis dengan AirAsia sebagai penyedia penerbangan langsung ke Penang. MHTC akan memberikan layanan pengaturan perjalanan medis, termasuk pembuatan janji dengan dokter dan rumah sakit.

Selain itu, MHTC juga akan memberikan layanan penjemputan di bandara.

"Penang adalah destinasi pilihan bagi wisatawan Indonesia yang menginginkan kualitas perawatan medis terbaik, dan kami berharap agar pasar ini semakin terus berkembang melalui kerja sama ini," ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan ketika memberikan keterangan kepada awak media seusai penandatangan kerja sama dengan pihak MHTC di Kuala Lumpur, Senin (3/9/2018).

CEO MHTC Sherene Azli pun menjelaskan, potensi pengembangan bisnis medical travel sangat besar di Penang, sebab hingga saat ini 60 persen wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Penang pada tahun 2017 adalah mereka yang membutuhkan pelayanan medis. Selama tahu itu pula Malaysia berhasil mendapatkan 1,3 miliar ringgit dari wisatawan medis.

"Berbagai bidang pelayanan medis unggulan Penang antara lain kardiologi, ortopedi, onkologi, neurologi, fertilisasi in vitro (IVF), oftalmologi dan perawatan gigi," jelas dia.

Dia juga menjelaskan, dengan total volume 1 juta wisatawan medis yang datang, telah memberikan dampak rambatan terhadap perekonomian Malaysia sebesar 4 miliar ringgit. Pendapatan tersebut dihasilkan dari pengeluaran non medis para wisatawan seperti transportasi, akomodasi, dan kegiatan pariwisata seperti wisara kuliner dan belanja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, saat ini AirAsia memiliki beberapa penerbangan langsung menuju Penang, seperti dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng sebanyak 3 penerbangan dalam satu hari, dari Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan sebanyak 5 penerbangan dalam satu hari, serta 5 penerbangan dalam satu minggu dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.