Kapal Penyeberangan di Atas 5.000 GT Dinilai Irit Bahan Bakar

Kompas.com - 04/09/2018, 05:10 WIB
Feri yang melayani jalur Merak-Bakauheni. KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIHFeri yang melayani jalur Merak-Bakauheni.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal penumpang dengan kapasitas kurang dari 5.000 GT dipastikan tak boleh beroperasi di lintas pelayaran Merak-Bakauheni per Desember 2018. Hanya kapal di atas 5.000 GT yang bisa beroperasi di lintas pelayaran tersebut.

Hal itu seiring dengan resminya pemberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 88 Tahun 2014.

Ketua DPP Indonesia National Ferryowners Association Edi Oetomo pun mendukung kebijakan tersebut. Pasalnya, kapal dengan kapasitas lebih dari 5.000 GT lebih irit mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM).

"Kalau kapal lama di bawah 5.000 GT menyerap 7,5 ton BBM per hari sedangkan yang baru di atas 5.000 GT cuma 3,5 ton sampai 4 ton per hari," kata Edi di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Baca juga: 14 Kapal Baru Lebih dari 5.000 GT Bakal Beroperasi di Merak-Bakauheni

Hal tersebut diketahui Edi melalui kapal Munic IX baru milik PT Munic Line yang memiliki kapasitas hingga 8.000 GT. Kapal tersebut diketahui menjadi tiga kapal di atas 5.000 GT yang telah beroperasi di lintas pelayaran Merak-Bakauheni.

"Jadi enggak selalu kapal baru lebih boros. Dia kan teknologinya lebih canggih, lebih advance dibandingkan yang lama dengan kapasitas di bawah 5.000 GT," sebutnya.

Di sisi lain, Permenhub 88 Nomor 2014 merupakan antisipasi Kemenhub atas kemungkinan meningkatnya aktivitas pelayaran Merak-Bakauheni imbas dari mulai beroperasinya Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer pada akhir tahun ini.

"Operasional tol ini pastinya akan mengubah kebiasaan pelayaran yang tadinya selalu malam bisa jadi pagi atau siang. Makanya kami dari INFA juga mempersiapkan kapal yang sesuai dengan permenhub itu," ucap Edi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X