Pertamina Bantah Kurangi Kuota Solar Subsidi di Solo Raya

Kompas.com - 04/09/2018, 09:10 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Pertamina membantah telah mengurangi kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang telah ditetapkan pemerintah. Bantahan itu terkait kabar tentang habisnya solar bersubsidi di wilayah Solo Raya.

"Kami tegaskan kembali bahwa Pertamina tidak melakukan pengurangan solar, khususnya solar bersubsidi," ujar Manager Communication and CSR Pertamina MOR 4, Andar Titi Lestari, Senin (3/9/2018).

Andar mengatakan, pembelian BBM bersubsidi, khususnya solar akan tetap dilayani khususnya yang membawa surat rekomendasi dari Pemerintah daerah.

Hal demikian sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014 tentang penyediaan, pendistribusian, dan harga eceran bahan bakar minyak.

Baca juga: Menko Darmin: Mulai Besok Tak Ada Lagi Solar Murni...

"Kami akan layani pembelian selama ada surat rekomendasi dari pemerintah daerah setempat melalui kades/lurah/SKPD terkait sesuai aturan Perpres 191 tahun 2014," sebutnya.

Andar menambahkan, solar bersubsidi harus diberikan seusai dengan peruntukan.

Di Solo Raya, pasokan BBM jenis solar yang disubsidi diberikan sesuai dengan kebutuhan rata-rata normal supply kepada konsumen pengguna di seluruh SPBU.

Kebutuhan rata-rata untuk wilayah Solo Raya sejak Januari 2018 hingga Mei 2018 sebesar 604,9 KL. Namun bulan Juli 2018 ada peningkatan konsumsi yang tidak wajar, dimana konsumsi di bulan itu mencapai 760,5 KL.

Oleh karena itu, penyediaan solar bersubsidi seusai dengan kebutuhan rata-rata di bulan Januari-Mei.

"Kami tetap menyediakan solar, dari bio solar, Dextlite dan Pertamina Dex. Jika SPBU Pertamina tidak melayani solar karena habis, jelas itu tidak benar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.