Rupiah Melemah, Pertamina Pastikan Tidak Akan Naikkan Harga BBM

Kompas.com - 05/09/2018, 17:42 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan belum ada rencana untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat ini.

" Harga BBM Pertamina masih tetap dan belum ada rencana penyesuaian harga," ucap Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/9/2018).

Hal tersebut disampaikan Adiatma untuk menepis anggapan bahwa harga BBM akan naik imbas dari terus menguatnya dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah.

Pertamina, kata Adiatma, akan terus memantau kondisi nilai tukar rupiah saat ini. Adapun soal kenaikan harga BBM, Pertamina terlebih dahulu akan melaporkannya ke pemerintah, tepatnya Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sesuai Permen ESDM Nomor 34 tahun 2018 tentang perhitungan harga jual eceran BBM.

Baca juga: Menteri ESDM : Tidak Akan Kenaikan Harga BBM dalam Waktu Dekat

"Pertamina patuh pada aturan Pemerintah bahwa setiap penyesuaian harga harus dilaporkan dahulu," imbuh Adiatma.

Sebelumnya diberitakan, Jonan mengatakan, pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat.

"Intinya gini, pemerintah tidak merencanakan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat" ujar Jonan di kantornya, Selasa (4/9/2019) malam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X