Selama Asian Games, Penjualan Ritel Tumbuh hingga 15 Persen

Kompas.com - 05/09/2018, 22:20 WIB
Suasana arena dalam Gelora Bung Karno sehari setelah penutupan Asian Games 2018. Foto diambil Senin (3/9/2018). KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELASuasana arena dalam Gelora Bung Karno sehari setelah penutupan Asian Games 2018. Foto diambil Senin (3/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan industri ritel merasakan dampak positif dari gelaran Asian Games 2018 yang baru saja berakhir hari pekan lalu.

"Oh jelas berpengaruh, memberi dampak yang sangat signifikan bagi kami," ucap Ketua Umum Aprindo Roy Mandey seperti dikutip dari Kontan.co.id,  Rabu (5/9/2018).

Kelima tipe store ritel yakni minimarket, supermarket, hypermarket, departement store, dan kulakan ikut merasakan kenaikan penjualan berkat event olahraga terbesar di Asia tersebut.

Roy menyebutkan, selama dua pekan penyelenggaraan, para pelaku ritel mengalami pertumbuhan penjualan sekitar 10 persen-15 persen. Angka ini menurut dia, sangat baik dan mendorong gairah pelaku usaha.

Baca juga: Anak Pekerja Migran Bisa Sumbang Emas Asian Games 2018, Ini Buktinya...

"Mengutip data dari Bappenas kemarin, wisatawan mancanegara ada sekitar 152.000 sementara wisatawan lokal sekitar 254.000 jadi total ada 406.000 kunjungan selama dua minggu itu," sebutnya.

Dia mengumpamakan setiap kunjungan berbelanja rata-rata Rp 2 juta maka total nilai transaksi bisa mencapai Rp 1 triliun.

Roy  menilai ajang internasional seperti Asian Games memberi peluang pengusaha untuk memperkenalkan produk unggulannya. Bahkan, beberapa pengusaha anggota Aprindo bercerita, sejumlah wisatawan memborong produknya hingga kehabisan stok.

"Ada juga yang minta dikirim langsung ke negaranya karena tidak mau repot membawa di pesawat," terang Roy.

Adanya dampak positif yang dirasakan peritel, membuat Aprindo yakin pertumbuhan double digit hingga akhir tahun 2018 dapat dicapai.

Di sisi lain, Roy berharap pemerintah akan semakin mendukung para pengusaha lokal dengan memberi wadah atau spot khusus bagi produk lokal.

"Atau beri radius PPN untuk produk lokal, yang untuk wisman bisa dikurangi saat di airport, kan itu juga bisa meningkatkan penjualan lokal," katanya. (Aulia Fitri Herdiana)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Ada Asian Games, penjualan ritel tumbuh 10%-15%


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X