Aliran Listrik Jawa-Bali Sempat "Down", PLN Minta Maaf

Kompas.com - 05/09/2018, 22:51 WIB
Ilustrasi jaringan listrik di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat.KOMPAS/PRIYOMBODO Ilustrasi jaringan listrik di kawasan Rawa Buaya, Jakarta Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati sempat mengalami gangguan. Hal ini mengakibatkan putusnya saluran dari PLTU Paiton dan PLTU Pacitan ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Bali.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menyampaikan permohonan maaf atas pemadaman listrik tersebut.

"Hal ini akibat adanya gangguan sistem 500 KV Pacitan-Grati, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan," ujar Made dalam keterangan tertulis, Rabu (5/9/2018).

Gangguan sistem kelistrikan Jawa-Bali pada PLTU Paiton yang terjadi membuat pasokan listrik di Bali berkurang. Made memastikan sebagian besar wilayah Bali saat ini sudah berangsur normal.

Baca juga: PLN Pelajari Pemanfaatan Tenaga Nuklir dari Rusia

Untuk mengantisipasi beban puncak, PLN mengimbau warga untuk sementara waktu mengurangi pemakaian listrik.

"Hal ini diharapkan mampu membantu menekan defisit daya yang mungkin terjadi hari ini serta dapat mengurangi dampak pemadaman," kata Made.

Sementara di Jawa Timur, upaya menekan pemadaman dilakukan dengan cara melokalisir daerah yang mengalami gangguan sehingga tidak memperburuk kondisi yang terjadi. Made mengatakan, upaya terus dilakukan dengan menormalkan kembali jalur yang terganggu agar energi listriknya dapat dialirkan kembali.

Langkah tersebut terus dilakukan hingga sore tadi sebanyak 38 Gardu Induk 150 kV yang ada di Jawa Timur sudah bisa masuk sistem dan menyuplai energi listrik ke pelanggan. Pada pukul 22.18 WIB, kelistrikan Jawa Timur sudah normal.

Di Jawa Barat terjadi gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton - Grati yang mengakibatkan sebagian kecil daerah juga mengalami pemadaman, yakni di sekitar Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor. Namun, malam ini daerah-daerah yang terkena dampak pemadaman sudah berangsur pulih.

Pemadaman juga terjadi di sebagian kecil di sejumlah tempat di Jawa Tengah.

"PLN terus berupaya meminimalisir dan melokalisir dampak dari pemadaman tersebut," kata Made.



Close Ads X