AP I: Maskapai Asing Minta Slot Penerbangan di Bandara Kulon Progo

Kompas.com - 06/09/2018, 09:39 WIB
Desain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. handoutDesain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Pemasaran PT Angkasa Pura I, Devy Suradji mengatakan, sudah ada maskapai asing yang berminat mengisi slot penerbangan di Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo.

"Yang minat maskapai asing dan bukan LCC, tapi legacy carrier," ujar Devy di Jakarta, Rabu (5/9/2018) malam.

Namun, Devy enggan membocorkan nama maskapai asing tersebut. Menurut dia, maskapai tersebut memiliki destinasi penerbangan di Asia Pasifik.

"Yang jelas destinasi yang sudah minta ada di wilayah Asia Pasifik. Slot itu mereka harus dapat dari Kementerian Perhubungan," kata Devy.

Baca juga: Kami Mau Tunjukkan, dari Kulon Progo yang Katrok Ini Bisa Ada Pramugarinya

Bandara Kulon Progo sendiri ditargetkan bisa beroperasi pada April 2019. Bandara itu diprioritaskan untuk penerbangan internasional.

"Pertengahan bulan ini saya dikasih PR khusus oleh Kemenpar untuk memulai menjual slot penerbangan di Kulon Progo. Jadi target April 2019 adalah kita harus sudah punya internasional flight," ucap dia.

Bandara Kulon Progo rencananya akan memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter dengan lebar 60 meter. Bandara tersebut akan mampu menampung penerbangan internasional dengan menggunakan pesawat berbadan besar.

Total investasi yang dikucurkan AP I untuk membuat bandara tersebut sebesar Rp 10,9 triliun. Rinciannya, Rp 6,7 triliun untuk pengerjaan kontruksi dan Rp 4,2 triliun digunakan untuk pengadaan lahan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X