Tarif PPh Impor Sampo dan Kosmetik Naik Jadi 10 Persen

Kompas.com - 06/09/2018, 10:01 WIB
Ilustrasi kosmetik ronstikIlustrasi kosmetik

JAKARTA, KOMPAS.com - Barang-barang kecantikan seperti kosmetik menjadi salah satu jenis komoditas yang tarif Pajak Penghasilan (PPh) impor atau PPh pasal 22 mengalami kenaikan.

Selain itu juga ada sampo dan sabun dalam daftar komoditas yang PPh impornya naik itu.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, komestik termasuk dalam 218 komoditas yang tarif PPh 22 naik dari 2,5 persen menjadi 10 persen.

"Termasuk dalam kategori itu adalah seluruh barang konsumsi yang sebagian besar telah dapat diproduksi di dalam negeri seperti barang elektronik (dispenser air, pendingin mangan, lampu), keperluan sehari hari seperti sabun, sampo, kosmetik, serta peralatan masak atau dapur," sebut Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Baca juga: Diprotes Anggota DPR, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Sri Mulyani menambahkan, mayoritas komoditas tersebut sudah dapat diproduksi di dalam negeri.

Dengan demikian, kenaikan tarif pajak impor tersebut dapat menjadi momentum bagi pengusaha kosmetik dan alat kecantikan lainnya di dalam negeri untuk unjuk gigi.

"Industri dalam negeri sebetulnya sudah bisa mengisi dan kita lihat industri dalam negeri punya kesempatan untuk mengganti impor itu. Jadi bisa dikatakan ini merupakan pemihakan industri dalam negeri," terang mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 1.147 komoditas mengalami kenaikan tarif PPh pasal 22. Hal tersebut dilakukan guna mengendalikan laju impor yang terlampau tinggi dan juga untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

"Nilai impor keseluruhan 1.147 komoditas pada 2017 sebesar 6,6 miliar dollar AS, sedangkan sampai Agustus 2018 saja sudah 5 miliar dollar AS. Makanya ini mau kita kendalikan karena sudah terlampau tinggi," ucap Sri Mulyani.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X