Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Konsumtif Masyarakat Turut Sebabkan Rupiah Anjlok

Kompas.com - 06/09/2018, 17:00 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai hal didguga menjadi faktor pendorong melemahnya rupiah terhadap dollar AS. Tidak hanya faktor eksternal berupa dollar AS yang terus menguat, tetapi juga faktor fundamental dalam negeri yaitu transaksi berjalan yang mengalami defisit.

Direktur Investment Strategy Bahana PT TCW Investment Management Budi Hikmat menjelaskan, perilaku konsumtif masyarakat Indonesia turut menyumbang terhadap depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, terutama konsumsi produk impor.

"Ketika kita kaya cara belanja kita keliru, kita beli mobil, motor, properti, padahal sejak tahun 2004 kita bukan negara OPEC. Ketika kita beli mobil atau motor kita kan enggak hanya membayar untuk belanja (produk yang keuntungannya ke) Jepang saja, tetapi kita lihat 10 tahun terakhir ada tambahan 78 juta kendaraan, meningkat 80 persen. Itu sebabnya defisit minyak  jadi 11 miliar dollar AS, meningkat 37 persen," jelas dia ketika menjelaskan kepada awak media di kantornya, Kamis (6/9/2018).

Sebab, besarnya konsumsi impor tersebut turut mendorong terjadinya defisit transaksi berjalan yang melebar menjadi 3 persen terhadap PDB pada kuartal II tahun 2018 ini.

Ditambah lagi, gaya hidup masyarakat seperti kalangan milenial yang senang mengikuti tren barang elektronik terbaru juga ikut membebani neraca perdagangan.

Namun dia menjelaskan, pelemahan rupiah kali ini berbeda dengan kondisi tahun 1998 lalu. Sebab, pemerintah dan otoritas terkait telah melakukan langkah antisipasi sehingga tigkat depresiasi pun dapat dijaga.

"Ini bukan mengarah ke krisis yang katalistik, tetapi teguran buat kita supaya bangun dan memperbaiki diri, bahwa kita defisit per PDB naum masih lebih rendah dibanding defisit dahulu," ujar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com