Ini Cara Garuda Hadapi Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 06/09/2018, 19:35 WIB
Pahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri, memberikan keterangan pers usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS hari ini Pahala Nugraha Mansury menggantikan posisi Arif Wibowo selaku direktur utama PT Garuda Indonesia. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIPahala Nugraha Mansury, mantan direktur keuangan Bank Mandiri, memberikan keterangan pers usai menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PT Garuda Indonesia Persero Tbk di Gedung Garuda City Center, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (12/4/2017). Pada RUPS hari ini Pahala Nugraha Mansury menggantikan posisi Arif Wibowo selaku direktur utama PT Garuda Indonesia.

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala Mansury membeberkan cara maskapai yang dipimpinnya menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar AS.

Salah satu caranya, kata Pahala, adalah mengembangkan rute penerbangan internasional.

"Tentunya melakukan pengembangan rute, difokuskan pada (penerbangan) internasional," ujar Pahala di Cengkareng, Tangerang, Kamis (6/9/2018).

Selain itu, kata Pahala, perseroan pun akan melakukan lindung nilai (hedging) guna menekan kerugian.

"Kita hedging 30 persen, tidak menutup kemungkinan sampai 50 persen, melihat kondisi yang ada sambil melihat cost efficiency (efisiensi biaya) lainnya," jelas dia.

Pahala pun berharap pemerintah menaikan tarif batas bawah. Menurut dia, sudah sewajarnya tarif bawah naik akibat kenaikan harga avtur.

"Kalau kita lihat saat ini dibandingkan tahun sebelumnya, minyak dunia meningkat 50 persen dan ditambah pelemahan rupiah karena memang 75 persen dalam mata uang dollar AS. Kita melihat dengan adanya kenaikan tarif batas bawah akan membantu industri," ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X