Tak Semua Atlet Berprestasi di Asian Games Bisa Lolos Jadi PNS

Kompas.com - 06/09/2018, 20:12 WIB
Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmaja . KOMPAS.com/AMBARANIE NADIADeputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmaja .

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah memutuskan atlet berprestasi pada Asian Games 2018 masuk dalam formasi rekrutmen calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2018.

Namun demikian, tidak semua atlet tersebut bisa menjadi PNS. Pasalnya, aturan yang tercantum dalam Undang Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) tetap harus dipatuhi.

"Jadi tidak semua ya, tetap harus sesuai syarat seperti usia CPNS minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun," ujar Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Dengan demikian, atlet bridge peraih perunggu pada Asian Games 2018, yakni Michael Bambang Hartono tak bisa menjadi PNS lantaran sudah berusia 78 tahun.

Di sisi lain, untuk penempatannya, Setiawan menyatakan bakal dilihat terlebih dahulu sesuai dengan latar belakang atlet.

Hal itu dilakukan agar saat berkarir sebagai ASN bisa sesuai dengan kemampuan.

"Tentu penempatannya kita akan lihat terlebih dahulu latar belakang masing-masing atlet agar nantinya dalam berkarir bisa lebih maksimal," sambung Setiawan.

Atas dasar hal tersebut maka nantinya formasi khusus yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2018 adalah lulusan terbaik (cumlaude), penyandang disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, diaspora, atlet berprestasi internasional, dan tenaga pendidik serta tenaga kesehatan mantan tenaga honorer kategori II yang sesuai persyaratan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X