Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Ingin seperti Bill Gates

Kompas.com - 07/09/2018, 09:37 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

NEW YORK, KOMPAS.com - Jack Ma, orang terkaya di China ini merencanakan untuk masa depannya ketika hengkang dari Alibaba Group Holding Ltd, perusahaan yang ia dirikan dan berubah menjadi raksasa e-commerce.

Dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Bloomberg, Jumat (7/9/2018), pendiri Alibaba ini mengatakan ingin mendedikasikan lebih banyak waktu dan kekayaannya untuk kegiatan sosial. Ma bakal menciptakan yayasan atas namanya sendiri yang berfokus pada pendidikan.

Hal ini akan mengikuti jejak rekan sesama miliardernya, Bill Gates. Ma yang saat ini berusia 54 tahun, memiliki kekayaan lebih dari 40 miliar dollar AS menurut data Bloomberg Billionaires Index.

Ma sendiri melihat dirinya sebagai eksekutif yang "tidak disengaja" memasuki dunia bisnis dengan mendirikan Alibaba hampir 20 tahun yang lalu. Dirinya saat ini telah menjadi salah satu pemimpin perusahaan yang paling berpengaruh di China.

Bahkan, setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada 2013 silam, orang yang pernah jadi guru bahasa Inggris itu tetap menjadi wajah publik perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari 400 miliar dollar tersebut.

“Ada banyak hal yang dapat saya pelajari dari Bill Gates. Saya mungkin tidak bisa sekaya dia, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik adalah pensiun lebih awal," kata Ma dalam wawancara itu.

“Saya pikir suatu hari nanti, dan segera, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," imbuhnya.

Ketika ditanya apakah rencana itu bisa terwujud tahun ini, Jack Ma hanya mengangkat bahu dan tersenyum. Dia tidak menjelaskan apakah dia akan menyumbangkan uangnya atau mempercayakannya kepada suatu hal seperti yang dilakukan oleh miliarder lainnya.

“Anda akan segera tahu. Saya sudah menyiapkan Jack Ma Foundation. Semua hal yang sudah saya persiapkan selama 10 tahun," ujar Ma.

Jack Ma lahir pada bulan September 1964 dari musisi-pendongeng tradisional China yang tinggal di Hangzhou. Kota tersebut saat ini menjadi pusat teknologi global dan kota kewirausahaan karena basis Alibaba di sana.

Ma memulai Alibaba.com pada tahun 1999 sebagai pasar bisnis-ke-bisnis (B2B), yang didukung dana 60.000 dollar AS dari 18 pendiri.

Selama menjabat sebagai CEO, Ma telah membantu memandu pertumbuhan di dalam dan luar negeri sementara juga menjadi ujung tombak melantainya Alibaba di bursa saham pada tahun 2014 lalu. Ma pun merupakan salah satu pemimpin bisnis asing pertama yang bertemu dengan Presiden AS Donald Trump setelah terpilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com