Per Agustus 2018, Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 11,83 Triliun

Kompas.com - 07/09/2018, 17:05 WIB
Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERACorporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) mencatat telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 11,83 triliun dari awal tahun ini hingga bulan Agustus kemarin. KUR tersebut telah tersalurkan kepada total 179.249 debitur.

"Dengan demikian, Bank Mandiri telah menyalurkan sekitar 67 persen dari target KUR tahun ini," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas melalui keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (7/9/2018).

Rohan menjelaskan, target penyaluran KUR Bank Mandiri untuk 2018 sebesar Rp 17,56 triliun atau naik dari target awal Rp 14,56 triliun yang sesuai dengan penetapan plafon KUR oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada 24 Agustus 2018 lalu.

Adapun penyaluran KUR tersebut juga hampir memenuhi kewajiban minimal 50 persen ke sektor produksi, sesuai arahan pemerintah.

"Untuk sektor produksi, yakni pertanian, perikanan, industri pengolahan, dan jasa produksi, penyaluran KUR kami sudah mencapai 49,83 persen atau Rp 5,9 triliun kepada 84.100 debitur," tutur Rohan.

Rohan merinci, dari total KUR untuk sektor produksi tersebut, sebanyak Rp 2,23 triliun telah diteruskan ke sektor pertanian dan Rp 3,13 triliun ke sektor jasa produksi. Sementara Rp 514 miliar diberikan ke industri pengolahan serta Rp 31 miliar ke sektor perikanan.

Di luar sektor produksi, KUR yang disalurkan untuk sektor non produksi, yakni perdagangan, mencapai Rp 5,93 triliun kepada 95.149 debitur. Rohan berharap, penyaluran KUR dari pihaknya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.