5 Sektor Ini Penyumbang Pendapatan Terbesar "E-Commerce" Indonesia

Kompas.com - 07/09/2018, 17:32 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset dari CupoNation, portal kode diskon untuk situs-situs belanja online di Indonesia, mendapati ada lima sektor utama yang paling besar menyumbang pendapatan pasar e-commerce. Peran atau kontribusi dari lima sektor tersebut dilihat dari perkembangannya sejak satu tahun terakhir.

"Kelima sektor itu adalah fashion; toys, hobby, and DIY (Do It Yourself); furniture and appliances; electronics and media; serta food and personal care," kata Public Relations and Communications Manager CupoNation Olivia Putri kepada Kompas.com pada Jumat (7/9/2018).

Olivia menjelaskan, untuk tahun 2017, sektor fashion menyumbang 32,73 persen dari total pendapatan pasar e-commerce Indonesia. Sementara untuk toys, hobby, and DIY tercatat berkontribusi sebesar 25,40 persen yang disusul dengan furniture and appliances (17,09 persen), electronics and media (16,90 persen), serta food and personal care (7,88 persen).

Sedangkan untuk tahun 2018, data sementara memperlihatkan bahwa fashion masih jadi penyumbang pendapatan terbesar di pasar e-commerce (33,39 persen), disusul dengan toys, hobby, and DIY (25,87 persen), furniture and appliances (16,56 persen), electronics and media (16,50 persen), serta food and personal care (7,68 persen).

Baca juga: E-commerce Wajib Lapor Barang Penjualan ke Pemerintah

"Selama dua tahun berturut-turut, jumlah pendapatan pasar e-commerce terbesar dikontribusikan oleh fashion, toys hobby and DIY, lalu furniture and appliances," tutur Olivia.

CupoNation juga mencatat, total pendapatan pasar e-commerce mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir. Seperti 6,1 miliar dollar AS di tahun 2016 dan 7,5 miliar dollar AS pada tahun 2017.

Untuk tahun ini, CupoNation memprediksi total pendapatan pasar e-commerce Indonesia akan mencapai 9,1 miliar dollar AS. Meski pendapatan meningkat dari tahun ke tahun, persentase pertumbuhan didapati menurun sekitar 1,3 persen untuk tahun 2018 dibanding pertumbuhan pada tahun 2017.

Penurunan persentase pertumbuhan tahun ini dikarenakan sektor toys, hobby, and DIY yang diperkirakan mengalami perlambatan hingga 4,61 persen dibanding tahun sebelumnya. Sementara pada sektor lain ada peluang untuk tumbuh lebih tinggi, seperti sektor electronics and media dan sektor furniture and appliances.

CupoNation juga merekam lima daerah di Indonesia yang menjadi sumber traffic terbesar untuk pasar e-commerce Indonesia. Daerah tersebut adalah DKI Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Semarang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X