Tahun Depan, Jack Ma Resmi Mundur dari Jabatan Bos Alibaba

Kompas.com - 10/09/2018, 12:21 WIB
Jack Ma businessweekJack Ma

NEW YORK, KOMPAS.com -  Raksasa e-commerce Alibaba pada Senin (10/9/2018) mengatakan, CEO Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai ketua dewan eksekutif mulai 10 September 2019 mendatang.

Ma akan terus menjabat sebagai ketua dewan eksekutif di Alibaba selama 12 bulan ke depan demi kelancaran transisi darinya ke Zhang. Setelah itu, Ma akan tetap di dewan direksi Alibaba hingga pertemuan pemegang saham tahunan 2020.

Dalam sebuah surat kepada pelanggan dan pemegang saham Alibaba, Ma mengatakan bahwa transisi ini "menunjukkan Alibaba telah melangkah ke tingkat berikutnya dengan tata kelola perusahaan yang bergantung pada individu, dan dibangun di atas sistem keunggulan organisasi dan budaya pengembangan bakat."

Dikutip dari CNBC, Ma menuturkan, mewariskan tampuk kepemimpinan kepada Zhang nanti adalah keputusan yang tepat pada saat yang tepat.

"Karena saya tahu bahwa mereka siap, dan saya memiliki keyakinan penuh pada generasi pemimpin kami berikutnya," tulis Ma.

Dia menambahkan bahwa dia berencana untuk melanjutkan perannya sebagai mitra pendiri dalam Alibaba Partnership, yang merupakan kelompok yang terdiri dari 36 pemimpin senior yang dipercayakan dengan misi, visi, dan nilai perusahaan.

"Saya juga ingin kembali ke pendidikan, yang membuat saya bergairah karena itu adalah hal yang saya suka," katanya.

Langkah untuk menunjuk Zhang sebagai penerus Ma tidaklah mengherankan, kata Direktur Penelitian di perusahaan jasa keuangan D.A. Davidson & Co Gil Luria kepada CNBC.

"(Jack Ma) mundur lima tahun lalu untuk menjadi pimpinan," kata Luria, menambahkan bahwa Ma telah meninggalkan panggung untuk Zhang atau Wakil Ketua Eksekutif Joe Tsai, Chief Financial Officer Maggie Wu dan lainnya untuk mengambil alih.

"Dia sudah selesai, dia sudah bekerja dalam suksesi selama bertahun-tahun. Sepertinya berjalan dengan cara yang cukup teratur," tutur Luria.

Luria juga mengatakan, jangan berharap terlalu banyak perubahan dari Jack Ma ke Daniel Zhang.

"Komunikasi ke dunia luar di luar komunitas investasi mungkin sedikit berbeda tanpa Jack Ma. Dia sosok yang sangat berwarna, kharismatik, dan aspek komunikasi itu mungkin hilang," katanya.

Ma sudah mengundurkan diri sebagai CEO pada 2013 untuk mendedikasikan lebih banyak waktu untuk kegiatan sosial melalui Jack Ma Foundation.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.