Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor Terus Menurun, Pemerintah Waspadai Neraca Perdagangan

Kompas.com - 10/09/2018, 16:27 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja ekspor yang tengah menurun imbas dari kondisi ekonomi global membuat pemerintah mewaspadai neraca perdagangan Indonesia.

"Yang perlu diwaspadai neraca perdagangan, kalau defisit transaksi berjalan sudah biasa. Akibat volume perdagangan menurun, ekspor kita menurun. Contohnya ekspor CPO, sampai Juli mengalami penurunan, padahal itu sumber (ekspor) utama kita," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir dalam Forum Merdeka Barat di Gedung Kemenkominfo Jakarta, Senin (10/9/2018).

Di sisi lain, impor malah mengalami penurunan yang merupakan konsekuensi dari terus tumbuhnya perekonomian.

"Memang betul kalau pertumbuhan ekonomi tinggi akan mendorong impor tinggi. Tapi karena ekonomi global penuh ketidakpastian, ini mempengaruhi ke kita. Ini mengakibatkan nilai tukar kita mengalami tekanan," imbuh Iskandar.

Kendati demikian, Iskandar meminta kepada masyarakat Indonesia untuk tetap optimis terhadap perekonomian dalam negeri.

Hal itu agar investor lebih percaya terhadap ekonomi Indonesia. Dengan demikian, banyak modal yang bakal masuk ke Indonesia.

"Ini karena Amerika Serikat (AS) menaikkan suku bunga, maka dana balik ke AS. Dengan demikian, mata uang negara lain juga mengalami pelemahan. Tapi investasi tetap kita dorong dengan memberikan insentif fiskal," pungkas Iskandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com