Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Berbagi Rute dengan Citilink

Kompas.com - 10/09/2018, 18:51 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia dan Citilink menandatangani kontrak kerja sama strategis dalam bidang pengembangan komersial.

Nantinya, kedua maskapai tersebut akan berbagi penerbangan di tiga rute, yaitu Surabaya-Balikpapan, Denpasar-Balikpapan, dan Denpasar-Dili dengan skema code share.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala Mansury mengatakan, kerja sama ini dalam rangka penghematan sumber daya yang ada di perusahaannya.

"Kadang-kadang untuk kita melakukan pengembangan network itu kita punya keterbatasan resources. Pesawat kita terbatas, kru kita terbatas. Jadi kalau mau semua rute kita terbangin seluruh Indonesia tentunya tidak akan mungkin," ujar Pahala di Cengkareng, Tangerang, Senin (10/8/2018).

Pahala menambahkan, dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan sinergitas antar dua perusahaan. Citilink sendiri merupakan anak usaha dari Garuda Indonesia.

"Ngapain kita saingan sama Citilink. Intinya berteman, kita bisa kerja sama memanfaatkan sumber daya satu grup, memanfaatkan kualitas layanan yang seamless, Citilink enggak perlu terbang dari Balikpapan ke Berau karena sudah ada Garuda di sana," kata Pahala.

Pahala menuturkan, sinergi ini sejalan dengan strategi bisnis jangka panjang Garuda Indonesia Group, Sky Beyond 3.5 - yang akan menjadi value-driven aviation group dengan pencapaian target value group sebesar 3,5 miliar dollar AS pada tahun 2020.

"Kiranya sinergi tersebut tentunya tidak hanya dapat memperkuat posisi Garuda Indonesia Group di industri penerbangan nasional namun kerjasama ini juga diharapkan akan memberikan nilai lebih bagi para pengguna jasa melalui pengembangan jaringan dan aksesibilitas yang ditawarkan dari sinergi ini," ucap dia.

Sementara itu Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo mengatakan kerjasama yang saling mendukung antara induk dan anak perusahaan ini, tentunya akan mendongkrak pertumbuhan penumpang dan memperluas network baik Citilink maupun Garuda Indonesia.

"Diharapkan hal ini juga dapat memperlihatkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai Premium Low Cost Carrier di Indonesia yang sedang melebarkan sayapnya di kawasan Asia dan regional," kata Juliandra.

Kerja sama code share ini sebagai tahap awal kerja sama, Garuda Indonesia akan menjadi marketing carrier dan akan menempatkan nomor penerbangannya (flight number) pada penerbangan Citilink pada beberapa rute seperti Surabaya-Balikpapan, Denpasar-Balikpapan, dan Denpasar-Dili.

Selanjutnya para pengguna jasa juga dapat mengombinasikan rute-rute tersebut dengan rute-rute yang dimiliki oleh Garuda Indonesia seperti Surabaya-Berau/Tarakan via Balikpapan, Denpasar-Tarakan via Balikpapan dan Jakarta-Dili via Denpasar sehingga akan mendapatkan lebh banyak kemudahan dan pilihan destinasi dalam satu transaksi tiket.

Transfer pada saat iregularity di mana kedua maskapai juga sepakat untuk saling mendukung dalam penanganan manajemen keterlambatan (delay management), di mana Garuda Indonesia dan Citilink dapat saling melakukan transfer penumpang antarkedua maskapai tersebut.

Selanjutnya, pemanfaatan gerai penjualan (sales outlet) sebagai salah satu saluran distribusi di mana melalui kerja sama ini para pengguna Citilink dapat membeli tiket Citilink di gerai yang dimiliki oleh Garuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com