Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Pertagas, Belanja Modal PGN Bakal Naik

Kompas.com - 10/09/2018, 20:25 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN sebentar lagi bakal mengakuisisi 51 persen saham PT Pertamina Gas (Pertagas).

Upaya tersebut diyakini bakal meningkatkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) PGN mengalami kenaikan.

"Kalau integrasi bisnis dengan Pertagas pasti belanja modalnya bertambah," ujar Direktur Keuangan PGN Said Reza Pahlevy di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Namun demikian, Reza masih menolak mengatakan berapa besaran kenaikan capex perusahaan dengan kode emiten PGAS tersebut setelah mengakuisisi Pertagas.

"Jika ada perubahan nanti akan kami konsultasikan ke rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) mereka, tetapi itu nanti terjadi setelah kita closing 29 September ini," sambung Reza.

Reza menambahkan, dengan mengakuisisi Pertagas maka PGN memerlukan dana tambahan guna pembangunan infrastruktur tambahan dalam rangka pendistribusian gas. Itulah mengapa peningkatan capex dibutuhkan PGN.

"Harapannya ini sekarang ini bisa meningkatkan konektivitas. Jadi pelanggan bisa lebih mudah untuk mendapatkan akses gas, makanya butuh infrastruktur," sebut dia.

Adapun untuk pembangunan infrastruktur pipa gas ke depannya, PGN bakal memprioritaskan untuk pelanggan rumah tangga.

"Kita prioritaskan rumah tangga. Jadi tiap tahun 100.000 pelanggan rumah tangga kita interkoneksikan dan juga pelanggan lainnya," imbuh Reza.

Sebagai informasi, pada tahun ini PGN telah menggelontorkan capex hingga 400 juta dollar AS atau setara dengan Rp 5,5 triliun.

Sebesar 60 persen dari total capex tersebut digunakan PGN untuk bisnis di hulu atau upstream dan sisa 40 persen dianggarkan untuk kebutuhan bisnis di hilir atau downstream.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com