Ingin Sewa Helikopter dari Bandara Soetta ke Jakarta hingga Bandung? Ini Tarifnya

Kompas.com - 11/09/2018, 09:00 WIB
Helikopter jenis Bell 505 dengan kapasitas 4 penumpang dan 1 pilot milik Whitesky Aviation di Helipad Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta, Kamis (14/6/2018). KOMPAS.com/Mutia FauziaHelikopter jenis Bell 505 dengan kapasitas 4 penumpang dan 1 pilot milik Whitesky Aviation di Helipad Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta, Kamis (14/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Whitesky Aviation tengah membangun landasan untuk helikopter (helipad) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. Proyek tersebut diperkirakan bisa rampung pada 2019.

Jika landasan tersebut sudah beroperasi, penumpang pesawat maskapai Garuda Indonesia bisa melanjutkan perjalanannya dengan helikopter ke Jakarta dan kota sekitar lainnya setelah turun dari bandara.

Sebaliknya, bagi mereka yang ingin menuju bandara dapat menumpang helikopter yang dioperasikan Whitesky Aviation.

"Nanti rampung pembangunan helipad di Cengkareng, habis itu comisioning dari perhubungan. estimasinya Juni 2019," ujar CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja di Cengkareng, Tangerang, Senin (10/9/2018).

Denon menjelaskan, untuk sekali penerbangan dari Jakarta ke Bandara Soekarno-Hatta calon penumpang perlu merogoh kocek sebesar Rp 6 sampai 8 juta untuk menyewa helikopter. Satu helikopter berkapasitas 4 orang penumpang.

"Kalau untuk Jakarta-Bandung biaya charternya Rp 16 juta," kata Denon.

Untuk waktu tempuhnya, lanjut Denon, Jakarta-Soetta memakan waktu 10 menit. Sedangkan Jakarta-Bandung sekitar 45 sampai 50 menit. Adapun rute Jakarta-Bogor bisa ditempuh dengan waktu 15 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Denon, saat ini pengguna jasa Whitesky masih didominasi untuk perjalanan bisnis. Pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengakomodir hal tersebut.

"Kebanyakan bisnis trip. langsung ke heliped yang biasa di atas gedung-gedung itu. kami punya di Hotel Shangri-La, Hotel Fairmont Senayan, ada 23 titik yang sudah kerja sama, tapi titik yang posible take off-landing ada 170 di Jakarta dan sekitarnya," ucap dia.

Menurut Denon, untuk mencharter helikopter milik Whitesky Aviation, masyarakat bisa mengunduh aplikasi Helicity di android dan iOS. Pemesanan paling lama dua jam sebelum keberangkatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.