Perusahaan-perusahaan AS Keberatan dengan Kebijakan Tarif Trump

Kompas.com - 12/09/2018, 14:50 WIB
Presiden AS Donald Trump di hadapan pendukungnya di Billings, Montana. AFP/NICHOLAS KAMMPresiden AS Donald Trump di hadapan pendukungnya di Billings, Montana.

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan AS menyatakan bahwa kebijakan tarif yang diterapkan Presiden Donald Trump melukai industri di Negeri Paman Sam tersebut.

Mengutip Fox News, Rabu (12/9/2018), organisasi-organisasi yang mewakili perusahaan-perusahaan AS menyatakan tengah mematangkan kampanye lobi yang dinamakan Tariffs Hurt the Heartland. Organisasi tersebut menaungi industri ritel, manufaktur mainan, pertanian, dan teknologi.

Kampanye tersebut dimaksudkan untuk menolak kebijakan tarif impor. Kalangan bisnis lainnya di AS pun dikabarkan telah menolak atau mempertimbangkan kebijakan tarif yang diterapkan Trump.

Hingga 30 Juni 2018 lalu, hampir 450 perusahaan merekrut pelobi terkait isu perdagangan. Angka tersebut naik dibandingkan sekitar 160 perusahaan pada awal tahun ini dan sekira 100 pada saat Trump dilantik.

Beberapa kalangan bisnis mengkhwatirkan peningkatan biaya bahan-bahan baku impor. Adapun pelaku usaha lainnya, termasuk petani mencemaskan kebijakan tarif balasan yang diterapkan China dan Eropa akan memengaruhi ekspor.

Sementara itu, pabrikan otomotif, diler mobil, dan produsen suku cadang kendaraan bermotor juga berencana meluncurkan kampanye menolak pengenaan tarif impor baru untuk industri otomotif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pekan lalu, asosiasi perdagangan ritel termasuk Walmart dan Target memfasilitasi pertemuan antara 150 peritel kecil dengan pemerintah untuk membicarakan bagaimana kebijakan tarif dapat memukul bisnis mereka.

Namun demikian, ada juga sejumlah industri yang mendukung kebijakan tarif Trump, termasuk Asosiasi Peternak Sapi Nasional AS. Perusahaan-perusahaan baja AS juga mendukung tarif terhadap produk baja dari luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.