PLN: Pasokan Listrik di Lombok Sudah 100 Persen Pulih

Kompas.com - 12/09/2018, 16:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat terjadi secara berturut-turut sejak tanggal 5 Juli 2018 lalu, sempat membuat pasokan listrik terganggu.

Setelah sempat melakukan perbaikan, namun guncangan yang kembali terjadi pada tanggal 19 Juli 2018 dengan magnitudo 7 membuat pasokan listrik sempat mengalami black out karena adanya kerusakan pada infrasturktur kelistrikan. Namun kini, pasokan listrik di wilayah Lombok sudah berjalan normal.

Namun, General Manager PLN Wilayah NTB Rudi Purnomoloka menjelaskan, meski aliran listrik sudah normal, beberapa gedung dengan tingkat kerusakan sebesar 90 persen harus diputus sementara.

"Saat ini 100 persen kelistrikan PLN semua gardu nyala. Yang belum nyala karena rumahnya hancur atau ditinggal pemiliknya mengungsi," ujar dia ketika memberikan penjelasan kepada awak media, Selasa (11/9/2018).

Baca juga: Luhut: Untung Gempa Lombok Tidak Dijadikan Bencana Nasional

Oleh karena itu, dari beban puncak dalam kondisi normal yang sebesar 220 MW, saat ini beban listrik pun turun menjadi 50 MW.

Rudi menyebutkan, dampak gempa terparah terjadi di Lombok Utara, sehingga PLN membutuhkan waktu seminggu untuk memperbaiki infrastruktur kelistrikan, agar pasokan listrik kembali normal.

Dalam memperbaiki pasokan, PLN NTB mendapat bantuan petugas PLN Jawa Timur sebanyak 76 orang dan Bali sebanyak 56 orang.

"Paling parah Lombok Utara. Kita butuh waktu recovery satu minggu. Jalur utamanya cepat kita tangani, tapi pinggirannya ada tiang patah, travo turun," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.