Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat E-commerce, Bisnis Logistik Diprediksi Tumbuh Pesat

Kompas.com - 12/09/2018, 16:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis logistik di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan pesat. Ini didorong perkembangan tren perdagangan elektronik (e-commerce) dan meningkatnya preferensi masyarakat terhadap belanja online.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto mengatakan, perlu strategi menghadapi berbagai perubahan di era transportasi dan logistik 4.0.

"Bagi para pihak terkait untuk bersama-sama betemu, berdiskusi dan bertukar informasi guna membahas isu, networking, strategi serta menciptakan peluang bisnis baru. Kami juga optimis forum ini dapat menjadi salah satu ajang untuk melakukan kampanye pemasaran yang efektif," kata Carmelita dalam pernyataannya pada acara Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2018, Rabu (12/9/2018).

Acara itu menghadirkan lebih dari 100 perusahaan dari berbagai negara, ITSCL 2018  menampilkan 500 produk dan jasa solusi logistik dan rantai pasok yang dapat menjadi pilihan para pelaku usaha di Indonesia.

General Manager Reed Panorama Exhibitions Steven Chwee menuturkan, perkembangan dan perubahan gaya hidup di masyarakat mendorong industri untuk segera berbenah.

Ini guna memenuhi permintaan pasar, inovasi teknologi yang terus berkembang, era digitalisasi dan perdagangan global merubah paradigma praktisi di sektor transportasi dan logistik.

"Kemampuan dan keahlian yang tidak merata menjadi tantangan bagi para pelaku usaha, pemerintah dan pihak terkait. Untuk itu dibutuhkan perubahan paradigma transportasi dan logistik guna memenangkan perdagangan global dan digitalisasi rantai pasokan," sebut Steven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com