Kemenhub Bakal Buat Database PO Pariwisata - Kompas.com

Kemenhub Bakal Buat Database PO Pariwisata

Kompas.com - 12/09/2018, 22:28 WIB
Kondisi mikrobus nyungseub setelah terjun bebas masuk jurang di Tanjakan Letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa barat, Sabtu (8/9/2018).KOMPAS.com/BUDIYANTO Kondisi mikrobus nyungseub setelah terjun bebas masuk jurang di Tanjakan Letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa barat, Sabtu (8/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) berencana membentuk database atau basis data kendaraan pariwisata.

Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa memilih perusahaan otobus (PO) yang terverifikasi keamanannya.

"Saya akan membuat database kendaraan pariwisata sehingga masyarakat bisa mengecek PO mana saja yang sudah sesuai, teruji KIR dan sudah diuji ramp check," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut Budi, masyarakat sudah semestinya proaktif dalam mencari informasi soal PO mana yang terbukti keamanan dan keselamatannya.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Ridwan Kamil Bakal Pasang Pembatas Jalan Buatan Korsel


Namun, selama ini mereka justru tak bisa menemukan informasi tersebut lantaran tidak ada keterbukaan dari PO itu sendiri.

"Kalau perusahaan tidak baik masyarakat tidak bisa memilih. Kemudian berikutnya saya akan melakukan langkah-langkah kalau kendaraan bus reguler biasa ramp check di terminal dan pariwisata enggak masuk terminal, maka nanti ada pilihan dari Dishub di daerah atau ramp check mandiri dari operatornya," kata Budi.

Komentar
Close Ads X