Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Bakal Buat Database PO Pariwisata

Kompas.com - 12/09/2018, 22:28 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membentuk database atau basis data kendaraan pariwisata.

Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa memilih perusahaan otobus (PO) yang terverifikasi keamanannya.

"Saya akan membuat database kendaraan pariwisata sehingga masyarakat bisa mengecek PO mana saja yang sudah sesuai, teruji KIR dan sudah diuji ramp check," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut Budi, masyarakat sudah semestinya proaktif dalam mencari informasi soal PO mana yang terbukti keamanan dan keselamatannya.

Baca juga: Antisipasi Kecelakaan, Ridwan Kamil Bakal Pasang Pembatas Jalan Buatan Korsel

Namun, selama ini mereka justru tak bisa menemukan informasi tersebut lantaran tidak ada keterbukaan dari PO itu sendiri.

"Kalau perusahaan tidak baik masyarakat tidak bisa memilih. Kemudian berikutnya saya akan melakukan langkah-langkah kalau kendaraan bus reguler biasa ramp check di terminal dan pariwisata enggak masuk terminal, maka nanti ada pilihan dari Dishub di daerah atau ramp check mandiri dari operatornya," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com