Isu Rupiah dan Perombakan Direksi Garuda jadi Berita Populer - Kompas.com

Isu Rupiah dan Perombakan Direksi Garuda jadi Berita Populer

Kompas.com - 13/09/2018, 08:21 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar ASTHINKSTOCKS Ilustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Melemahnya nilai tukar rupiah menjadi isu yang terus berkembang. bahkan hal ini telah masuk hingga ranah politik.

Terkait dengan hal itu, Guru Besar Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyatakan sebelum berbicara mengenai isu rupiah, orang-orang harus paham mengenai isu mata uang.

Imbauan Rhenald Kasali tersebut menjadi berita terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (13/9/2018).

Selain isu rupiah, berita lain yang juga cukup ramai dibaca adalah soal perombakan jajaran direksi Garuda Indonesia. berikut lima berita populer ekonomi sepanjang hari kemarin:

1. Rhenald Kasali: Saya Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyebut banyak pihak yang memahami fenomena pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepotong-sepotong atau tidak utuh.

Hal itu akan membuat orang menjadi cemas, terlebih jika ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan tertentu. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Korban Makin Banyak, Masyarakat Diimbau Lebih Teliti saat Ajukan Kredit Online

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat makin banyak aduan dari konsumen mengenai tata cara penagihan serta denda dan bunga yang tinggi dari perusahaan financial technology ( fintech) ilegal.

Bahkan, tidak sedikit konsumen yang mengaku sampai diteror oleh fintech tempat mereka mengajukan pinjaman dengan tindakan yang melanggar hak-hak konsumen. Selengkapnya, silakan baca di sini.

3. Mengenal Daniel Zhang, Pengganti Jack Ma di Pucuk Pimpinan Alibaba

CEO Alibaba saat ini, Daniel Zhang, akan mewarisi kursi Jack Ma tahun depan yakni sebagai pemimpin di Alibaba, perusahaan e-commerce dengan nilai 420 miliar dollar AS.

Menggantikan sosok pemimpin yang penting dalam perkembangan teknologi di China membuat Zhang banyak disorot dunia. CEO yang bekerja untuk Alibaba selama lebih dari satu dekade tersebut dianggap sebagai "sepasang tangan yang aman." Selengkapnya baca di sini.

4. Ari Ashkara Jadi Dirut Baru Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (12/9/2018). Salah satu agenda dalam RUPSLB tersebut adalah pergantian direksi.

RUPSLB dipimpin oleh Komisaris Utama Garuda Indonesia Jusman Syafii Djamal dan dihadiri seluruh Dewan Komisaris dan Direksi Garuda Indonesia dan dimulai pukul 15.00 WIB. Pahala Nugraha Mansury dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia. Posisi Pahala digantikan oleh I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra. Selengkapnya baca di sini

5. Rupiah Melemah, Biaya Umrah Diperkirakan Bakal Naik 5 Persen

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS akhir-akhir ini diperkirakan bakal mengerek biaya umrah meski tidak terlalu signifikan. Meski demikian minat untuk menunaikan ibadah baik haji maupun umrah ini masih tetap tinggi. Selengkapnya baca di sini



Close Ads X