Menhub: Pembangunan Makassar New Port Sudah 90 Persen - Kompas.com

Menhub: Pembangunan Makassar New Port Sudah 90 Persen

Kompas.com - 13/09/2018, 12:09 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan bandara Laga Ligo Bua di Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (12/9/2018).KOMPAS.com/AMRAN AMIR Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan bandara Laga Ligo Bua di Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (12/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pembangunan pelabuhan Makassar New Port (MNP) segera rampung. Sebab, progres pembangunannya sudah mencapai 90 persen.

Budi Karya pun meyakini bahwa MNP yang sebentar lagi akan beroperasi resmi bakal lebih meningkatkan efisiensi arus logistik di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Tujuannya adalah bagaimana efesiensi itu tercapai, bagaimana kecepatan proses bongkar muat itu tercapai dan juga akhirnya membuat ekspor kita lebih banyak. Kalau ekspornya banyak nanti investasi industri yang ada di Makassar ini bertambah,” tutur Budi seperti dikutip Kompas.com dari situs resmi Kemenhub, Kamis (13/9/2018).

Selain itu, Budi Karya juga berharap keberadaan pelabuhan tersebut akan memperkuat kolaborasi antara sektor logistik dengan PT Pelindo IV selaku pengelola MNP.

“Ini juga penting, bagaimana industri yang ada di Makassar ini saling berkolaborasi dengan PT Pelindo IV sehingga ekspor-impor yang masuk dan keluar dari dan ke Makassar ini meningkat,” sambungnya.

Lebih lanjut, Budi Karya menyampaikan bahwa ke depannya MNP akan memiliki dermaga sepanjang 360 meter. Dengan panjang tersebut, MNP akan memiliki kapasitas penumpukan peti kemas hingga 1,5 juta TEUs per tahun.



Close Ads X