Perluas Jaringan, XL Axiata Tawarkan Obligasi dan Sukuk - Kompas.com

Perluas Jaringan, XL Axiata Tawarkan Obligasi dan Sukuk

Kompas.com - 13/09/2018, 14:00 WIB
Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini dan Direktur Keuangan Mohamed Adlan di Jakarta, Kamis(13/9/2018).Kompas.com/Mutia Fauzia Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini dan Direktur Keuangan Mohamed Adlan di Jakarta, Kamis(13/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk melakukan penawaran awal (bookbuilding) dua penawaran umum baru untuk Obligasi (PUB I Obligasi) dan Sukuk Ijarah (PUB II Sukuk).

Keduanya adalah Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan target dana masing-masing sebesar Rp 5 triliun. Untuk penawaran awal tahun 2018, nilai penerbitan untuk obligasi dan sukuk masing-masing sebesar Rp 1 triliun.

Direktur Keuangan XL Axiata Mohamed Adlan menjelaskan, dana yang didapatkan dari proram PUB I 2018 dan PUB II Sukuk akan digunakan untuk belanja modal (capex), baik ekspansi jaringan di Jawa dan luar Jawa, serta menambah kapasitas serta kualitas layanan.

"Peruntukan dana ini akan digunakan untik belanja modal terutama dari segi ekspansi network di Jawa dan di luar Jawa serta ekspansi sekaligus menambah kapasitas dan kualitas jaringan di area Jawa," jelas Adlan ketika memberikan penjelasan kepada awak media seusai Public Expose, Kamis (13/9/2018).

Selain itu, sebagai salah satu upaya untuk memperdalam distribusi Obligasi dan Sukuk tersebut ke semua jenis investor maka ditawarkan dengan 5 seri dengan tenor mulai dari 370 hari hingga 10 tahun. Pangsa pasar yang disasar adalah bank serta asset management untuk tenor pendek, serta perusahaan asuransi dan dana pensiun untuk tenor panjang.

"Untuk penawaran masing-masing struktur baik konvensional maupun sukuk kami tawarkan 5 seri. Seri A 370 hari kalender, kemudia seri B untuk 3 tahun, seri C dengan tenor 5 tahun, seri D untuk 7 tahun dan E untuk tenor 10 tahun," jelas Adlan.

PUB Obligasi dan Sukuk Ijarah yang baru ini dipercaya akan menjadi alternatif pendanaan serta memungkinkan untuk membangun portofolio utang yang lebih kuat.

Pada penawaran Obligasi dan Sukuk Ijarah kali ini, XL Axiata menunjuk PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Maybank Kim Eng Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek (Joint Lead Underwriters).

XL Axiata akan melaksanakan bookbuilding pada 13-27 September 2018, dan menargetkan untuk melakukan Penawaran Umum pada 9-11 Oktober 2018, serta dapat mencatatkan Obligasi dan Sukuk ini pada Bursa Efek Indonesia pada pertengahan Oktober 2018.



Close Ads X