Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tunjuk Lemigas dan BPPT untuk Uji Kualitas B20

Kompas.com - 13/09/2018, 16:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menunjuk dua lembaga untuk menguji kualitas Biodiesel atau B20.

Kedua lembaga itu, yakni Pusat Penelitian dan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Sementara ini sebelum ada penunjukan PT Surveyor Indonesia atau Sucofindo, kita akan gunakan institusi pemerintah untuk mengecek spek (B20), yaitu Lemigas dan BPPT," ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Djoko menyebutkan, kedua lembaga itu dinilai kompeten untuk menguji kualitas B20. Namun, ke depannya pihaknya akan menunjuk pihak swasta untuk meneliti kualitas B20.

Baca juga: Kemenhub: Asosiasi Pengusaha Transportasi Setuju Menggunakan B20

"Ya kan di pengadilan pun nanti akan dipakai adalah lembaga pemerintah yang punya kemampuan memeriksa kualitas," ucap dia.

Menurut Djoko, penunjukan lembaga swasta memerlukan waktu. Sebab, penunjukan itu harus mengikuti peraturan yang berlaku.

"Kan swasta atau BPDP perlu waktu, apakah penunjukan langsung, atau kah melalui tender gitu loh, terserah BPDP," kata Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com