Pemerintah Tunjuk Lemigas dan BPPT untuk Uji Kualitas B20

Kompas.com - 13/09/2018, 16:42 WIB
Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (13/9/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menunjuk dua lembaga untuk menguji kualitas Biodiesel atau B20.

Kedua lembaga itu, yakni Pusat Penelitian dan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"Sementara ini sebelum ada penunjukan PT Surveyor Indonesia atau Sucofindo, kita akan gunakan institusi pemerintah untuk mengecek spek (B20), yaitu Lemigas dan BPPT," ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Djoko menyebutkan, kedua lembaga itu dinilai kompeten untuk menguji kualitas B20. Namun, ke depannya pihaknya akan menunjuk pihak swasta untuk meneliti kualitas B20.

Baca juga: Kemenhub: Asosiasi Pengusaha Transportasi Setuju Menggunakan B20

"Ya kan di pengadilan pun nanti akan dipakai adalah lembaga pemerintah yang punya kemampuan memeriksa kualitas," ucap dia.

Menurut Djoko, penunjukan lembaga swasta memerlukan waktu. Sebab, penunjukan itu harus mengikuti peraturan yang berlaku.

"Kan swasta atau BPDP perlu waktu, apakah penunjukan langsung, atau kah melalui tender gitu loh, terserah BPDP," kata Djoko.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X