Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Bakal Luncurkan Produk Syariah saat Pertemuan IMF-Bank Dunia

Kompas.com - 13/09/2018, 21:42 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berencana mengeluarkan produk syariah baru ketika pertemuan IMF - Bank Dunia di Bali Oktober mendatang. Skema produk ini nantinya akan menggabungkan sistem wakaf dan sukuk.

"Pemikiran kita adalah wakaf bukan hanya fisik tetapi juga cash. Kita mencoba melihat potret itu menjadi kesempatan dimana cash wakaf itu bisa menjadi sukuk yang aman," jelas Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Anwar Bashori kepada wartawan di Gedung BI, Kamis (13/9/2018).

Saat ini, skema dari produk tersebut masih dalam pembahasan. Namun, Anwar memberikan gambaran nantinya melalui produk gabungan antara wakaf dan sukuk ini, wakaf baik berupa tanah maupun uang bisa dijadikan bentuk pembiayaan pembangunan.

"Kita lagi desain modelnya karena sukuk iyu kan juga bentuknya ownership yang sudah ada proyeknya. Jadi harapannya wakaf iyu bisa dijadikan bentuk pembiayaan pembangunan," ujar dia.

Baca juga: Durian Runtuh Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia bagi Sopir di Bali

Jika nantinya produk ini bisa diluncurkan di acara IMF-Bank Dunia, Anwar optimistis produk tersebut bisa menjadi inisiatif serta acuan global.

Selain itu, dia mengatakan, dana wakaf dengan jumlah yang sangat besar, baik di Indonesia sendiri atau di luar negeri seperti Kuwait dan Arab masuk maka bisa menjadi salah satu sumber pembiayaan pembangunan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com