Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan dan Dirut Bulog Sidak Harga Komoditas di Pasar Kramat Jati

Kompas.com - 14/09/2018, 10:43 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dan Direktur Utama (Dirut) Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga komoditas pangan di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (14/9/2018).

Waseso yang tiba terlebih dahulu sekitar pukul 08.45 WIB langsung mengajak Amran ke salah satu kios pedagang sayur di Pasar Kramat Jati.

Di sana keduanya bertanya mengenai bagaimana kondisi penjualan sayur belakangan ini termasuk harganya. Setelahnya, Waseso dan Amran langsung menuju kios pedagang beras.

Keduanya cukup lama berada di sana dan bertanya-tanya ke pedagang mengenai harga jual beras di Pasar Kramat Jati. Adapun harga beras di sana bervariasi mulai dari Rp 8.200 hingga Rp 9.000 per kilogram.

Menanggapi hal tersebut, Waseso pun bertanya asal beras tersebut dan menyarankan agar pedagang mengambil atau membeli beras langsung dari gudang milik Bulog.

"Kalau mau beli beras sepert ini di gudang Bulog banyak, bilang ke semua penjual yang di sini ya. Gudang Bulog itu penuh," ujar Waseso.

Sebagai informasi, Bulog menggelontorkan sebanyak 10.000-15.000 ton per hari dalam Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP-CBP) dengan ketentuan harga gudang Rp 8.100 per kilogram untuk wilayah 1 (Jawa, Lampung, Sumsel, Ball, NTB, Sulawesi).

Kemudian untuk wilayah 2 seperti Sumatera kecuali Lampung dan Sumatera Selatan serta NTT dan Kalimantan seharga Rp 8.600 per kilogram dan Rp 8.900 per kilogram untuk wilayah 3 Maluku serta Papua.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com